Batik Gringsing Sisik Melik Kebumen

0 287

Batik Gringsing Sisik Melik Kebumen

Gringsing Sisik Melik Kebumen merupakan batik Gringsing yang langka di Kebumen. Sama seperti Batik Gringsing Ceplok yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, Batik Gringsing Sisik Melik Kebumen ini pun memiliki tingkat kesulitan yang sama sehingga sudah hampir tidak ada penduduk asli Kebumen yang membuat batik gringsing sisik melik Kebumen. Karena sulit dibuat batik dengan Motif Gringsing Sisik Melik Kebumen yang seperti ini jarang dibuat.

Pola Penyusunan Motif Batik Gringsing Sisik Kebumen

Image result for Batik Gringsing Sisik Melik

Pola penyusunan pada Motif Batik Gringsing Sisik Kebumen ini disusun dengan cara susunan baris. Pola penyusunan motif ini dengan cara disusun horizontal dan vertikal. Bedanya pada penyusunan Motif Gringsing Sisik Melik Kebumen ini jika penyusunanya kebanyakan vertikal turun ke bawah satu langkah, maka pada Gringsing Sisik Melik Kebumen ini disusun vertikal naik satu langkah. Penyusunanya cara disusun horizontal dan vertikal kearah horizontal dan vertikal kemudian bergeser satu langkah. Setelah selesai menyusun kearah horizontal, kemudian naik/vertikal satu langkah selanjutnya horizontal sampai selesai, dan seterusnya. Motif ini bisa disusun dengan cara vertikal menurun namun hal itu akan menyulitkan pembuat batik karena lebih susah menerapkan rangkaian ornamen dengan ukuran yang sama.

Motif Batik Gringsing Sisik ini apabila hanya satu motif saja di terapkan sebagai motif batik tidak menyerupai sisik ikan, namun akan menyerupai sisik ikan apabila diterapkan banyak motif dengan barisan yang tersusun dengan rapi. Ukuran dari motif Gringsing Sisik ikan ini sekitar 1 cm. Ukuran dari bentuk titik di tengah sekitar 1 mm. Motif ini dibuat dengan garis putus-putus yang membentuk lengkungan menyerupai sisik ikan, namun lebih sering dibuat dengan garis melengkung yang membentuk sisik ikan. Garis melengkung setengah lingkaran ini terbentuk hanya satu garis tidak seperti gringsing di daerah lain yang terdapat dua garis lengkung. Selain berbentuk dengan lengkungan sisik pada tiap lengkungan terdapat titik ditengah yang ukurannya sangat kecil.

Warna Batik Gringsing Sisik Melik Kebumen

Warna yang terdapat pada Motif Gringsing Sisik Melik adalah hitam dan putih. Dalam selembar Batik Motif Gringsing Sisik Melik Kebumen motif utamanya lebih sering sulur-suluran dan beberapa bentuk fauna seperti kupu dan burung. Warna yang terdapat dalam selembar kain Batik Gringsing sisik melik ialah hitam, putih dan coklat tembaga. Motif utama Batik Gringsing Sisik Melik ini berwarna hitam dan putih. Pada motif pendukung Batik Gringsing Sisik Melik ini berwarna coklat tembaga, hitam dan putih. Proses pewarnaan pada selembar kain batik terdapat berbagai macam warna. Warna khas yang digunakan Batik Gringsing Kebumen adalah warna sogan tembaga atau coklat tembaga dan warna hitam. Warna coklat tembaga ini diadopsi dari warna tanah daerah Kebumen sendiri yang berwarna coklat tembaga. Penggunaan warna pada batik khas di Kebumen cenderung berwarna gelap dengan nada tua karena hanya mengadopsi dari warna yang ada di sekitar lingkungan alam Kebumen sendiri. Warna khas Batik Gringsing Kebumen adalah coklat tembaga.

Source Batik Gringsing Sisik Melik Kebumen Batik
Comments
Loading...