Batik Gringsing Ceplok Kebumen

0 214

Batik Gringsing Ceplok Kebumen

Gringsing Ceplok Kebumen merupakan motif batik gringsing yang sekarang sangat langka dan sudah jarang ditemukan di Kebumen. Beberapa para pengrajin di Kebumen megatakan bahwa sudah tidak ada yang membuat batik tulis gringsing ceplok Kebumen, karena tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan waktu yang lama. Motif batik ini hampir memiliki kesamaan dengan batik gringsing yang ada di Yogyakarta, yang membedakan adalah warna dan motif pendukungnya.

Pola Penyusunan Motif Batik Gringsing Ceplok

Motif batik gringsing ceplok disusun dengan metode susunan berbaris. Pola penyusunan motif ini dengan cara disusun kearah horizontal dan vertikal kemudian bergeser satu langkah. Setelah selesai menyusun kearah horizontal, kemudian turun/vertikal satu kotak selanjutnya horizontal sampai selesai, dan seterusnya. Dari hasil penyusunan tersebut akan didapatkan hasil gringsing ceplok Kebumen yang rapi dan tersusun. Motif gringsing apabila diterapkan sebagai motif batik pada pola, motif gringsing akan membentuk seperti barisan-barisan yang rapi menghiasi latar belakang sebuah motif utama batik.

Untuk ukuran satu motif gringsing ini berkisar kurang dari 1 cm², sedangkan ukuran titik di tengah dengan diameter sekitar 2 mm. Bentuknya menyerupai segi empat dengan salah sudut bagian dalam setengah lingkaran dengan warna coklat latar putih tulang. batik gringsing ceplok Kebumen dan gringsing Yogyakarta memiliki perbedaan yang terletak pada hiasan motifnya. Jika motif batik gringsing Kebumen ada gambar motif bulat menyerupai roda yang bagian tengahnya terdapat motif lung dan bunga, maka batik motif gringsing yang terdapat di Yogyakarta tidak terdapat motif tersebut.

Warna Batik Gringsing Ceplok Kebumen

Batik gringsing ceplok, warna yang terdapat adalah hitam, coklat tembaga, dan putih kekuningan. Dalam selembar batik motif utamanya dominan berwarna coklat tembaga, hitam dan putih kekuningan. Penggunaan warna pada batik gringsing ceplok Kebumen cenderung berwarna gelap dengan nada tua. Pemakaian warna coklat tembaga diadobsi dari warna tanah Kebumen sendiri yang cenderung kemerahan. Warna batik gringsing ceplok Kebumen latarnya berwarna putih kekuningan sedangkan motif utama coklat tembaga. Pada motif pendukungnya juga menggunakan warna coklat tembaga, hitam dan putih kekuningan.

Source Batik Gringsing Ceplok Kebumen Batik
Comments
Loading...