Batik Gresik Motif Sekar Pudak

0 346

Batik Gresik Motif Sekar Pudak

Batik merupakan kekayaan budaya daerah bangsa Indonesia yang sangat beraneka ragam dengan kekhasan tersendiri dari masing-masing daerah. Kota Gresik menyimpan berbagai karya seni yang bercitarasa tinggi, salah satunya adalah batik. Gresik yang berasal dari kata “Giri” yang berarti gunung atau bukit dan “Gisik” yang berarti pantai atau pesisir. Hal ini tidak terlepas dari lokasi geografis dan juga pengaruh besar Raden Paku (Sunan Giri) di bukit dan Raden Santri (Sunan Gisik) di pesisir sebagai seorang mubaligh dan ulama besar yang menjadi panutan masyarakat.

Motif Sekar Pudak digambarkan dengan enam kelopak bunga pudak atau bunga pandan yang melambangkan enam rukun iman. Sedangkan sembilan serbuk sari memiliki makna Wali Songo yang berjasa dalam pengembangan Islam dan sebagai bentuk terimakasih kepada Wali Songo sebagai Ulama yang telah menjadi sarana mengenal agama Islam di Nusantara. Dominasi warna hijau adalah simbol Gresik sebagai kota Santri.

Keunggulan dari Batik Gresik adalah menggunakan bahan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya, warna kuning dibuat dari buah nangka, merah dari mengkudu atau biji pohon kesumba, kuning kehijauan dari buah mangga. Selain itu warna yang Batik Gresik juga mencirikhaskan warna pesisir karena Gresik masuk wilayah pesisir. Upaya yang dilakukan pemerintah setempat untuk mengembangkan dan melestarikan yaitu dengan mengadakan pelatihan membatik kepada generasi penerus.

Source Batik Gresik Motif Sekar Pudak Motif Batik Batik
Comments
Loading...