Batik Grabag Kembali Bangkit

0 203

Batik Grabag Kembali Bangkit

Para perajin batik yang ada di wilayah Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo yang sempat mengalami keterpurukan, kini bangkit kembali dengan berdirinya paguyuban batik. Bahkan mereka telah memiliki show room sendiri untuk memajang batik. “Dulunya di daerah ini katanya sudah banyak perajin batik, tapi kemudian menyurut karena generasi penerusnya sudah jarang yang bisa membatik. Kini mereka bangkit kembali setelah diadakan berbagai pelatihan, dan kesadaran warga bahwa batik merupakan potensi ekonomi desa yang dapat dikembangkan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Purworejo Dra Suhartini MM.

Untuk membangkitkan kembali Batik Grabag ini, pihaknya terus berupaya memberikan dorongan semangat dengan berbagai pelatihan. Bahkan pemasaran juga dibantu dengan mendatangkan pengunjung di daerah ini. Hal ini juga diakui Wakil Bupati Purworejo Suhar, yang juga berasal dari Desa Kedungagung ini. Memang di daerah ini dulu banyak perajin batik. Mungkin karena kurang regenerasi dan perhatian dari pihak pemerintah sehingga jumlahnya semakin berkurang.

Suhar juga yakin bahwa perkembangan Batik Grabag ke depan akan lebih bagus mengingat kebutuhan masyarakat akan batik juga meningkat. Buktinya hasil kerajinan mereka juga banyak yang terjual.

Source https://ebatik.wordpress.com/ https://ebatik.wordpress.com/2011/03/31/batik-grabag-kembali-bangkit/
Comments
Loading...