Batik Gobang Khas Betawi Nggak Mau Ketinggalan

0 66

Batik Gobang Khas Betawi Nggak Mau Ketinggalan

Batik yang kini mendunia terus mengalami perkembangan. Tidak hanya dari sisi corak saja, tapi juga mendorong daerah-daerah lain untuk mengembangkan batik.

Nah, Jakarta juga nggak mau ketinggalan membuat batik khas Betawi. Didukung penuh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, pemilik Batik Gobang Jakarta yang juga desainer Ethys Mayoshi, 48, menuturkan, dia tertarik untuk melestarikan batik khas Betawi. Desainer berdarah Betawi, Jawa, Sunda, dan Tionghoa itu awalnya iseng mencoba membatik.

Tapi tidak terasa, sudah delapan tahun ini dia berkecimpung di dunia batik, dengan membawa nama Gobang yang berasal dari senjata dan uang logam. “Kita memakai corak klasik Betawi. Memadukan warna biru, merah dan oranye,” ujar perempuan berhijab itu saat ditemui di Jakarta. Menurutnya, batik Betawi memiliki perbedaan mencolok dari sisi coraknya.

Dia mengaku sudah membuat batik Betawi yang terinspirasi dari Ondel-Ondel Jakarta dan 13 ikon khas Ibu kota.

“Mulai dari kuku macan, salak, dan ondel-ondel. Karena kita ingin tampil berbeda dengan batik lainnya. Ini ciri khas Jakarta yang ditonjolkan,” tegasnya.

Selain mendesain batik, dia juga mencoba mengedukasi masyarakat untuk belajar membatik. “Saya salah satu duta batik Jakarta yang pernah ke Libanon, Marseile (Perancis), Belanda, dan Filipina. Setiap tahunnya keluar negeri untuk mengajarkan orang asing membatik,” sebutnya. Untuk sebuah batik dihargai mulai dari Rp1 juta. Namun, dia enggan menjual batiknya secara online.

“Saya tidak ingin menjual di online, karena tidak ingin dicontek,” tegasnya. “Semoga batik betawi ini dapat menjadi contoh dan kebanggan rakyat Jakarta dan pemerintah DKI Jakarta. Sehingga kedepannya juga bisa menarik wisatawan asing,” ujar wanita yang tengah produk untuk Asian Games itu.

Source https://indopos.co.id https://indopos.co.id/read/2018/03/12/130597/batik-gobang-khas-betawi-nggak-mau-ketinggalan
Comments
Loading...