Batik Gingsing Klungsu Kebumen

0 245

Batik Gingsing Klungsu Kebumen

Batik gringsing klungsu merupakan batik gringsing yang paling dikenal oleh masyarakat Kebumen. Menurut budayawan batik Kebumen, batik gringsing klungsu Kebumen ini ukurannya sudah berubah menjadi tiga kali lipat lebih besar dari ukuran yang sering dibuat oleh para pendahulu. Batik gringsing Klungsu lebih banyak diproduksi diberbagai home industri batik di Kebumen. Pembuatan batik ini menurut beberapa pengrajin batik di Kebumen relatif mudah dan paling diminati oleh pelanggan. Motif gringsing klungsu Kebumen sering di buat dengan warna coklat tembaga. Motif ini di selingi dengan berbagai stilirisasi bunga dan daun. Batik gringsing klungsu Kebumen banyak di produksi dan diminati pelanggan oleh karena itu batik gringsing klungsu Kebumen sangat di kenal oleh masyarakat yang gemar mengoleksi batik.

Pola Penyusunan Motif Batik Gringsing Klungsu Kebumen

Pola penyusunan pada motif batik gringsing klungsu ini disusun dengan cara acak. Karena penyusunan motif batik gringsing klungsu disusun dengan cara acak, sehingga tidak ada aturan yang digunakan dalam menyusun motif ini. Karena bentuknya sederhana, maka motif ini akan terdiri dari ratusan bahkan ribuan motif yang tergambar dalam selembar batik. Motif batik gringsing klungsu Kebumen bentuknya yang sederhana dan sangat kecil. Meskipun bentuk yang sederhana motif seperti ini terlihat sangat memikat karena akan lebih menonjol bentuknya dibandingkan bentuk motif pendukungnya sendiri yang bentuknya lebih besar. Ukuran dari motif utama lingkaran ini berdiameter berkisar antara ½ cm. Sedangkan ukuran dari titik di tengah berdiameter sekitar 2 mm. Apabila diterapkan pada kain batik motif ini terkesan lembut karena kecil-kecil. Pembuatan motif batik gringsing klungsu membutuhkan kesabaran, agar mendapatkan motif batik gringsing yang indah. Motif batik gringsing klungsu yang seperti ini hampir sama dengan motif batik gringsing yang ada di daerah lainnya. Perbedaan yang menonjol adalah warna dan ukuranya, serta motif 68 pendukungnya yang membedakan antara batik dari daerah Kebumen dengan yang lainnya.

Warna Batik Gringsing Klungsu Kebumen

Batik gringsing Klungsu Kebumen warna yang terdapat adalah coklat tembaga dan putih kekuningan. Sedangkan jika dalam selembar kain batik gringsing motif pendukungnya dominan warna biru tua, hijau Putih kekuningan Cokelat tembaga 69 tua. kuning, putih kekuningan dan coklat tua. Warna yang terdapat pada batik Kebumen cenderung warna yang bernada gelap/tua. Penggunaan warna pada batik di Kebumen cenderung berwarna gelap dengan nada tua. Ciri yang paling menonjol dari batik gringsing Kebumen adalah dengan menggunakan lebih dari 4 warna dalam selembar kain batiknya diantaranya biru tua, putih kekuningan, hijau tua, kuning, coklat tua. Sekarang ini untuk menarik minat konsumen maka batik diwarnai dengan warna yang lebih mewah dan terang dan cerah. Batik gringsing klungsu Kebumen bisa diwarnai dengan warna sesuka pengrajin sekarang ini. Namun warna khas batik klungsu Kebumen adalah coklat tembaga latarnya. Warna yang digunakan para Cokelat Tua Biru tua Putih kekuningan Hijau tua Kuning 70 pembatik ini diinspirasi oleh keadaan sekitar Kebumen, seperti warna tanah, laut, warna daun, dan lain sebagainya.

Source Batik Gingsing Klungsu Kebumen Batik
Comments
Loading...