Batik Gerabah

0 502

Batik Gerabah

Batik gerabah dibedakan menjadi tiga jenis yaitu pertama batik gerabah yang proses membatiknya langsung dilakukan di atas media gerabah. Kedua, media gerabah dilukis atau dicat dengan motif batik. Dan ketiga, gerabah ditempel atau dihiasi menggunakan kain batik. Batik gerabah yang proses membatiknya langsung dilakukan di atas gerabah memiliki proses yang sama dengan membatik di atas kain. Gerabah yang sudah melalui proses pembakaran selanjutnya digambari sesuai dengan desain yang diinginkan. Setelah itu gerabah dibatik menggunakan malam, alat yang digunakan bisa berupa canting atau kuas. Untuk menghasilkan batik gerabah tulis yang indah biasanya sebelum dibatik gerabah dicat warna putih terlebih dahulu. Tujuannya agar tampilan gerabah seperti kain yang dibatik dan menampakkan garis-garis putih seperti batikan pada kain. Untuk memberikan kesan natural, gerabah bisa langsung dibatik tanpa dilapisi cat terlebih dahulu. Untuk proses pewarnaan dan pelorodan, batik gerabah memiliki proses yang sama dengan batik tulis pada kain. Setelah proses selesai, maka batik gerabah difinishing menggunakan pelapis semacam melamin atau aqualaquer agar terlihat mengkilap.

Gerabah yang sudah dibakar memiliki daya tahan yang baik terhadap air jadi tak ada pengaruh kerusakan pada saat proses pembatikan. Justru akan menambah artistik dan keunikan tersendiri. Selain itu akan menambah nilai jual terhadap gerabah batik.Jenis batik gerabah yang kedua yaitu gerabah batik yang prosesnya dilukis atau dicat dengan motif batik. Sebenarnya gerabah ini tidak melalui proses pembatikan sama sekali. Hanya motif yang digambarkan pada gerabah menggunakan motif-motif batik. Cara membuatnya lebih sederhana dan tak memerlukan waktu yang lama. Gerabah yang sudah dibakar, selanjutnya dilapisi dengan cat warna putih kemudian gerabah diberi gambar sesuai desain. Setelah itu barulah dilukis menggunakan cat air. Untuk mempertahankan keawetan lukisan pada gerabah biasanya gerabah dilapisi dengan melamin.

Terdapat batik gerabah yang dihiasi atau ditempel kain batik. Kain batik yang digunakan biasanya jenis batik lawasan atau batik bekas. Tujuannya untuk menambah nilai artistik dan keunikan tersendiri. Pemilihan batik lawasan diterapkan sebagai altenatif media hias karena memberikan nuansa antik pada produk yang dihias. Nuansa antik untuk pasaran saat ini sering kali menjadi suatu hal penting dan dicari oleh perajin. Teknik penerapan dekorasi ini adalah pertama menentukan jenis motif kain dan posisi motif pada badan gerabah. Perajin dituntut memiliki ketrampilan yang cukup untuk mencapai kualitas dekorasi yang baik, baik dilihat dari sisi kualitas penerapan maupun kualitas penampilan motif. Penentuan motif dilakukan untuk memilih mana motif yang cocok untuk gerabah berbadan melebar (horisontal) dan mana motif kain yang cocok untuk badan gerabah meninggi (vertikal).

Pemilihan motif tidak mutlak dilakukan, karena penentuan motif terkadang ditentukan oleh pesanan konsumen. Setelah motif kain ditentukan dilanjutkan dengan pemotongan kain. Teknik penerapan kain pada badan gerabah dilakukan dengan teknik tempel dengan perekat lem. Lem yang cukup baik digunakan adalah lem kastol yang dijual bebas di pasaran. Saat proses penempelan disebut berhasil bila hasil tempelan melekat dengan baik dan tidak terjadi gelembung-gelembung kain. Selanjutnya proses akhir atau finishing, hasil tempelan kain yang sudah kering dilapisi dengan cat transparan. Penggunaan kain batik lawasan sebagai bahan hias dapat dilakukan terhadap semua bentuk gerabah. Namun yang paling penting diperhatikan adalah ketelitian dan ketelatenan proses penerapannya.

Variasi bentuk batik gerabah bermacam-macam yaitu piring, tempat payung, asbak, guci, vas bunga, poci, kursi dan meja, tempat buah, bakaran sate, tempat sambal, tungku, wajan, dan lain sebagainya. Batik gerabah mulai dikembangkan di beberapa sentra kerajinan gerabah yang ada di Indonesia. Sentra kerajinan gerabah terdapat di Kasongan (Bantul, Yogyakarta), Pagerjurang (Bayat, Klaten, Jawa Tengah), Kecamatan Plered (Purwakarta, Jawa Barat), Bali dan Lombok.

Source Batik Gerabah Kreasi Batik
Comments
Loading...