Batik Gentongan Kuno Madura

0 281

Batik Gentongan Kuno Madura

Batik Tulis Gentongan Kuno merupakan batik peninggalan dari nenek moyang terdahulu yang diturunkan ke beberapa generasinya hingga sekarang. Sumber dari cerita leluhur (Buyut) yang diceritakan oleh nenek kita bahwa batik ini adalah mahar pernikahan dari salahsatu leluhur, budaya terdahulu di Desa Tlaga Biru, Kecamatan Tanjungbumi yang digunakan mahar untuk pernikahan berupa batik Tulis Gentongan yang dibuat sebaik mungkin untuk menghormati calon pasangan hidup.

Menurut cerita leluhur batik ini sudah ada sejak zaman Kiai Syaikhona Kholil Bangkalan  sekitar tahun 1900 – 1920an. Hingga saat ini masih baik barangnya karena disimpan dengan baik. Dari segi motifpun bisa kelihatan sangat berbeda dengan motif batik gentongan yang berkembang akhir – akhir ini.

Masih tersimpannya dengan baik Batik Gentongan Kuno yang notabene pemiliknya adalah para pengrajin karena turun temurun dari leluhurnya terdahulu. Hal ini membuat Batik Gentongan Kuno masih banyak ditemui di daerah tanjungbumi bangkalan madura. Secara sejarah nenek moyang para  pengrajin terdahulu membuat batik gentongan salah satunya digunakan untuk mahar pengantin. serta nenek moyang para pengrajin terdahulu menyimpan baik – baik Batik Gentongan Kuno yang dahulu adalah mahar untuk pernikahan mereka, dan menurunkan batik tersebut pada anak cucunya hingga sekarang.

Source http://grosirkainbatikmadura.blogspot.co.id/ http://grosirkainbatikmadura.blogspot.co.id/2014/12/sejarah-batik-gentongan-kuno-madura.html
Comments
Loading...