Batik Gentong Tase’ Malajeh Khas Tanjung Bumi

0 167

Batik Gentong Tase’ Malajeh Khas Tanjung Bumi

Batik Tanjung Bumi merupakan salah satu batik yang sudah sangat terkenal di Indonesia, batik tersebut mempunyai ciri khas motif yang sangat mencolok dari motif batik daerah lainnya, yaitu bentuk corak hewan dan tanaman. Batik Tanjung Bumi kaya akan berbagai bentuk motif..Salah satu batik yang dibuat di Tanjung Bumi adalah Batik Gentong Tase’ Malajeh. Tase’ Malajeh (Laut Malajeh) adalah salah tempat yang ada di ujung barat Madura tepatnya di kabupaten Bangkalan.

Batik Gentong Motif Tase’ Malajeh (Laut Malajeh) terinspirasi dari laut malajeh, lautan yang menjadi pemisah antara Madura dengan Surabaya bisa di bilang lautan ini juga lautan lepas. Laut yang warnahnya biru muda menjadi ciri khas dari batik motif ini dengan menggunakan warnah laut dan gelombang ombak yang berdayu-dayu di gambar kan dengan bunga-bunga.

Tase’ Malajeh (Lautan Malajeh) memiliki filosofi yang sangat dalam tase’ (lautan) laut ini memiliki beberapa keistimewaan. Pertama, berbagai jenis air yang masuk ke laut melalui sungai, tak mengubah laut. Kedua, berapa pun bayak air yang mengalir masuk ke laut, tak mampu mengubah keasinan laut. Ketiga, meski laut asin, tapi tak turut mempengaruhi para penghuninya. Sedangkan malajeh sendiri adalah tempat sisi barat dari Madura. Sangat dalam nilai filosofi yang sampaikan oleh pembatik khususnya pembatik gentong Tanjung Bumi, Bangkalan.

Source http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/ http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/2017/01/batikgentong-tase-malajeh-tanjungbumi.html
Comments
Loading...