Batik Gentong Motif Seko Khas Tanjung Bumi

0 220

Batik Gentong Motif Seko Khas Tanjung Bumi

Tradisi membatik telah diajarkan secara turun-temurun, sehingga Batik Tanjung Bumi dapat bertahan hingga saat ini. Batik Tanjung Bumi merupakan salah satu batik yang sangat terkenal di Indonesia, batik tersebut mempunyai ciri khas motif yang sangat mencolok dari motif batik daerah lainnya, yaitu bentuk corak hewan dan tanaman. Batik Tanjung Bumi kaya akan berbagai bentuk motif. Salah satu batik yang dibuat di Desa Tanjung Bumi adalah Motif Batik Seko.

Kata Seko artinya siku yang biasanya ada di pelajaran anak-anak sekolah dasar dimana dalil Pythagoras “jumlah kuadrat sisi-sisi yang membentuk siku-siku sama dengan kuadrat sisi miringnya.” Siku itu sendiri yang katanya orang Madura itu adalah Seko. Memberikan inspirasi bagi para pembatik Madura dengan menggunakan teori siku-siku (Seko).

Di Batik Motif Seko (siku) yang di buat untuk membatasi berbagai macam gambar yang ada di dalam Batik Motif Seko. Batik yang biasanya gambarnya identic dengan kembeng (bunga). Di batik ini di gambarkan berbagai macam bunga-bunga dan yang menjadi pemisah di bentuk menyiku.  Yang membuat unik dari batik ini adalah  adanya nilai-nilai yang di sampaikan oleh pembatik ketika tidak teliti tidak akan tahu. Batik Motif Seko (siku) ketika di lihat seperti gambar di samping akan mrmbentuk huruf M, M itu sandiri yang di artikan adalah Madura.

Source http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/ http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/2017/01/batikkhas-madura-batikgentong-motif.html
Comments
Loading...