Batik Gentong Daun Ruberuan Khas Tanjung Bumi

0 167

Batik Gentong Daun Ruberuan Khas Tanjung Bumi

Bermacam-macam batik yang ada di Indonesia, salah satunya di wilayah Madura yang memiliki ciri khas dengan melambangkan tentang madura itu sendiri, khususnya di daerah pesisir utara daerah Bangkalan. Salah satu yang sudah banyak di kenal di berbagai pencinta batik Nusantara, mereka pasti tahu tentang Batik Gentong Tanjung Bumi. Bukan hanya keindahan batiknya akan tetapi proses pembuatannya yang tergolong unik. Salah satu batik yang dibuat adalah Batik Gentong Daun Ruberuan.

Banyaknya tumbuhan yang ada di seluruh pelosok khususnya di daerah Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura yaitu Deun Ruberuan (daun waru) tergolong unik di karenakan bentuk daunya yang berbentuk seperti hati, yang indentik dengan lambang cinta.

Pada Batik Motif Daun Ruberuan pula melambangkan keemosianalan seseorang dalam romantika kehidupan, dimana hati yang biasanya di lambangkan sebagai bentuk emosional hubungan saling menyayangi. Dan lambing itu pula melambangkan kedamaian yang bias menghargai ataupun merangkul dari berbagai golonan agar bias menjadi kesatuan. Gambar Deun Beru (daun waru) yang bentuknya seperti hati itu di gambarkan dalam warnah yang berbeda-beda dan kelihatan ketika di kumpulkan membentuk karakter yang bagus, ini juga sebenarnya memiliki nilai filosofi yang dalam bahwa cinta itu yang menyatukan perbedaan menjadi satu kesatuan yang sangat indah.

Source http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/ http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/2017/01/batik-motif-deun-beru.html
Comments
Loading...