Batik Geblek Renteng Berkembang Atas Intervensi Kepala Daerah

0 119

Batik Geblek Renteng Berkembang Atas Intervensi Kepala Daerah

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo, Agus Langgeng Basuki mengatakan intervensi kepala daerah mendukung pertumbuhan dan pengembangan produk batik telah menggerakkan ekonomi kerakyatan. Keberanian ini ditunjukkan oleh Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengintervensi pasar saat ini. Hasilnya berdampak positif bagi ekonomi kerakyatan. Sekarang semakin banyak warga dari luar Kulon Progo menjadi konsumen dan pelanggan batik bercorak Geblek Renteng.

Salah satu intervensi Bupati Kulon Progo, adalah dengan mewajibkan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berjumlah 29 unit dan 12 kecamatan untuk membeli dan menggunakan seragam dari Batik Geblek Renteng yang diproduksi oleh masyarakat Kulon Progo. Siswa siswi dari SD hingga SMA/K juga diwajibkan menggunakan Batik Geblek Renteng sebagai seragam sekolah. Langgeng menambahkan dampak intervensi dari pemerintah daerah adalah meningkatkan perekonomian rakyat Kulon Progo mencapai angka 300% dari pendapatan awal masyarakat sebelum kebijakan intervensi diterbitkan.

Para pedagang batik di Kulon Progo juga sempat sulit bertahan menghadapi persaingan produk-produk batik lainnya. Pemkab Kulon Progo mengalokasikan anggaran mencapai Rp 1,2 miliar untuk yang tersebar di pos SKPD hingga di kecamatan. Pihaknya menegaskan Batik Geblek Renteng sudah memiliki sertifikasi hak cipta dan hak desain industri dari Menteri Hukum dan HAM.

Source https://www.bernas.id/ https://www.bernas.id/22525-batik-geblek-renteng-berkembang-atas-intervensi-kepala-daerah.html
Comments
Loading...