Batik Gebleg Renteng Membumi di Kulonprogo

0 152

Batik Gebleg Renteng Membumi di Kulonprogo

Batik Gebleg Renteng yang sudah menjadi Motif Batik khas Kulonprogo telah membumi. Batik dengan gambar Gebleg merupakan makanan khas di Bumi Menoreh sebutan Kulonprogo telah dipakai di berbagai instansi dan lembaga pendidikan, maupun komunitas masyarakat umum. Sekarang ini Batik Gebleg Renteng, banyak diproduksi oleh para perajin lokal. Seiring ditetapkannya Batik Gebleg Renteng sebagai motif batik khas, mereka kebanjiran order. Bahkan setiap sekolah atau instansi memesan untuk dijadikan pakaian seragam resmi. Sejak ditetapkan sebagai batik khas Kulon Progo pemesanan akan batik ini mengalami peningkatan.

Menurutnya, event pameran Manunggal Fair, sebagai rangkaian peringatan hari jadi ikut mendongkrak penjualan. Dimana pemerintah menjadikan Gebleg Renteng sebagai maskot. Pada pameran inilah, ditampilkan beberapa kain batik bercorak Gebleg Renteng yang diproduksi perajin lokal.

Harga batik yang dijual harganya bervariasi, tergantung pada bahan dan desain yang ada. Harga berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp300 ribu untuk batik tulis. Sedangkan untuk batik printing atau cap yang banyak dipakai untuk pelajar SD hanya dijual Rp25 ribu per meternya. Ketua Asosiasi batik Kulonprogo, Umbuk Haryanto mengatakan mayoritas pembeli dari kalangan pegawai di Kulonprogo. Motif Batik Gebleg Renteng ini menjadi bagian yang tidak dipisahkan dari para pegawai. Mereka menjadikan batik ini sebagai seragam dan untuk pakaian pribadi. Batik ini cukup elegan dan bisa dipakai di berbagai suasana.

Source Batik Gebleg Renteng Membumi di Kulonprogo Batik
Comments
Loading...