Batik Gasik Khas Garut

0 35

Batik Gasik Khas Garut

Setiap daerah pasti memiliki motif batik khas tersendiri. Lain daerah pasti lain lagi mode batik yang ditawarkan. Sejak dikukuhkanya batik menjadi harta kekayaan dunia dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, sebagai warisan asli Indonesia, banyak orang memburu batik untuk keperluan pribadinya. Hal ini merupakan sebuah peluang usaha yang sangat baik, mengingat batik tidak hanya disukai oleh masyarakat dalam negeri saja. Kini masyarakat luar negeripun menyukai batik untuk dikenakan, tentu hal ini membuat bangaa sebagai warga Indonesia pemilik hak paten dari batik.

Salah satu batik yang seringkali dicari orang adalah batik khas dari Garut. Ai Hendrayani wanita asgar (asli Garut) ini merupakan pengusaha baju batik khas Garut. Ia menjajakan aneka baju dengan motif batik khas Garut. “Saya memilih batik khas Garut karena memang motifnya unik dan layak dibanggakan oleh masyarakat Sunda,” katanya.

Bagi Ai, menggunakan batik sebagai motif utama produknya merupakan kebanggan tersendiri. Hal itu dikarenakan secara tidak langsung ia memasarkan batik ke dunia luar melalui jejaring sosial miliknya. “Selain saya memiliki toko sendiri bernama Gasik, saya menjual produk saya melalui media sosial seperti twitter atau facebook,” ungkapnya. Kini dengan nama ‘Batik Garutan’, Ai telah banyak mengeluarkan aneka produk yang digemari oleh pembelinya. Awalnya usaha tersebut ia miliki karena orang tuanya yang juga merupakan pedagang baju batik. Selain itu, lingkungannya yang di dominasi oleh para pedagang memberikan pengaruh tersendiri terhadap pilihan Ai.

Source http://abcgmjabar.id/ http://abcgmjabar.id/2017/12/13/ai-hendrayani-batik-gasik-khas-garut/
Comments
Loading...