Batik Garutan Tetap Bertahan dengan Ciri Khas Kedaerahan

0 48

Batik Garutan Tetap Bertahan dengan Ciri Khas Kedaerahan

Batik Garutan memiliki corak khas daerah Kabupaten Garut masih cukup banyak dicintai dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat sehingga keberadaannya tetap bertahan di tengah mode busana yang semakin modern. “Batik garutan ini masuk ke berbagai strata sosial masyarakat, dari kalangan masyarakat elit, hingga masyarakat kelas bawah, batik garutan tetap dicintai,” kata Pemilik Galleri Batik Garutan RM, Aam Meilani.

Perkembangan mode pakaian terus menunjukan persaingan, termasuk mode busana batik. Meskipun mode pakaian terus berkembang,  produk pakaian khas batik garutan tetap bertahan dengan mengedepankan ciri khas kedaerahan. Batik Garutan yang merupakan bagian dari kearifan lokal khas Kabupaten Garut ini masih mampu menunjukan kualitasnya. Seperti Galeri Garutan RM yang berdiri sejak tahun 1979 merupakan salah satu bukti bahwa batik garutan tetap bertahap di pasaran. Bahkan, lanjutnya, produk batik khas Garut memiliki segmentasi pasar yang tidak hanya pasar lokal, tetapi pasar regional hingga nasional.

Batik Garutan ini memiliki segmentasi pasar yang tidak hanya lokal, tapi juga domestik dan regional. Peminat batik garutan yang diproduksinya tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa, tetapi juga ada dari kalangan pejabat birokrasi. Batik Garutan yang saat ini diproduksi dan terus dipertahankan yakni kombinasi warna biru, gading dan warna soga sebagai ciri khas batik dari Garut. Harga batik tulis yang dijualnya, kata dia, paling terendah Rp. 850 ribu hingga Rp. 1,7 juta.

Source https://www.gosipgarut.com/read/ https://www.gosipgarut.com/read/201710-87/batik-garutan-tetap-bertahan-dengan-ciri-khas-kedaerahan.html
Comments
Loading...