Batik Garutan Banyak Diburu Pembeli

0 141

Batik Garutan Banyak Diburu Pembeli

Banyak para pembeli Batik Garutan yang sengaja membeli kain batik langsung dari perajin Batik Tulis Garutan. Hal tersebut dilakukan karena Batik Garutan memang terkenal sebagai industri batik rumahan. Salah seorang penjual Batik Garutan Ani Hendrayani mengatakan jika para perajin Batik Garutan berasal dari daerah Ciledug, Suci, Paminggir, dan Karangpawitan. Untuk toko dan ruang pameran dapat ditemukan di jalan Ahmad Yani, dan Jalan Otto Iskandardinata.

Harga batik tulis asli garutan ukuran 105 cm X 270 cm antara Rp. 1,5 jt sampai Rp. 1,7 jt. Sementara untuk batik cap harganya jauh dari harga batik tulis itu sendiri tergantung ukuran dan motif. Ada juga pesanan dari Jakarta, Sumedang, dan Bandung. Memang kebanyakan yang memesan adalah jenis batik cap, Ani sendiri bisa mengirim sampai 250 potong batik cap dalam satu bulan.

Erika Hajar salah seorang pembeli mengatakan bahwa dirinya sengaja menyempatkan untuk datang dan membeli batik tulis langsung dari perajin nya. Ia sendiri hampir setiap liburan menyempatkan untuk membeli oleh oleh batik dari para perajin langsung. Batik ini diwariskan secara turun temurun yang mengalami masa kejayaan antara tahun 60 sampai pertengahan 80 an. Salah satu alasan kenapa batik jenis ini masih kalah pamor dengan batik Trusmi Cirebonan adalah karena kekurangan modal untuk pemasaran. Untuk motif batik garutan banyak menggunakan unsur alam seperti bunga, daun, dan burung. Dalam pembuatan batik tulis Garutan banyak mencerminkan kehidupan sosial budaya, falsafah dan adat istiadat khas Priangan. Ada banyak corak yang bisa dipilih para konsumen antara lain Melati, Merak Ngibing, Rereng Sepatu, Sekar Jagat, Sido Mukti, Sido Mukti Sawat, Sulida, dan Turih Oncom.

Source Batik Garutan Banyak Diburu Pembeli Batik
Comments
Loading...