Batik Garut Tulen

0 50

Batik Garut Tulen

Batik Garut memiliki warna yang menjadikannya lebih mencolok dibandingkan batik dari daerah lainnya di Indonesia. Warna-warna Batik Garutan yang cenderung cerah menjadikannya tak tampak “kolot”. Kombinasi warna seperti gumading (putih kekuning-kuningan), biru, merah, dan warna lainnya, membuat batik Garutan terlihat lebih dinamis. Batik Garutan juga memiliki motif-motif yang sangat khas. Motif batik Garutan unggulan yang cukup populer di antaranya, Rereng Merak NgibingRereng Kembang Corong, dan Rereng Pacul. Motif unggulan tersebut dikerjakan dengan teknis tulis.

Salah satu butik yang merupakan pionir Batik Garutan adalah butik Batik Garut Tulen. Butik ini telah hadir di Garut sejak 1950an. Batik Garut Tulen merupakan usaha batik Garutan keluarga yang dikelola secara turun-temurun. Seperti yang dikatakan oleh Jonatan selaku marketing Batik Tulen, “Batik Tulen mah bisa dibilang pionir batik garutan. Setahu saya, sudah ada sejak tahun 1950an pada jaman Aki, H. Oman Syaefurohman. Kini dikelola sama Ibu mertua saya, Hj. Dodah Siti Saodah.”

Butik yang berlokasi di Jl. Ciledug, Gang Kampung Sisir No. 528, Garut, memajang beragam jenis dan motif batik Garutan. Mulai dari batik tulis, batik cap-tulis, dan batik tulis dengan bahan sutera. Keunggulan Batik Tulen itu paling banyak motif dan pola. Jadi banyak pilihan buat pelanggan. Untuk masalah harga Batik Garutan di butik Batik Garut Tulen, Anda dapat memilih sesuai selera dan isi dompet. Batik cap dijual mulai dari Rp. 85.000-Rp. 125.000/lembar. Batik tulis dijual mulai dari Rp. 1,5juta-Rp. 3 juta/lembar. Sedangkan untuk batik tulis bahan sutera dijual di kisaran Rp. 2juta-Rp. 3,5juta.

Source http://www.buruan.co/ http://www.buruan.co/batik-garut-tulen-pionir-batik-garutan/
Comments
Loading...