Batik Garut Motif Merak Ngibing

0 619

Batik Garut Motif Merak Ngibing

Batik Garut memberikan kesan sederhana, Batik Garutan tetap menunjukkan keindahan, terutama pada penggambaran bentuk-bentuk, komposisi dan warna. Motif-motif batik Garutan juga sangat terpengaruh oleh batik yang berkembang di daerah pesisir utara, seperti Pekalongan dan Cirebon, serta daerah pedalaman seperti Yogyakarta dan Surakarta.

Salah satu Motif Batik Garutan yang populer adalah Motif Merak Ngibing. Merak Ngibing artinya Burung Merak yang sedang menari. Motif ini menggambarkan sepasang merak yang tengah menari bersama. Biasanya merak yang menari tersebut digambar dalam ukuran besar dan dibalut aneka warna yang menarik.

Sebenarnya penggambaran burung merak sangat banyak di dalam berbagai Motif Batik Nusantara. Motif serupa kerap tampil di batik Pekalongan dengan nama Merak Kesimper atau Merak Ngigel. Batik Madura  menyebut merak ngibing dengan nama fajer ngenyingsing.

Batik Motif Merak Ngibing menggambarkan keindahan dan keharmonisan dari tarian sepasang merak. Burung Merak adalah burung yang sangat cantik dan indah serta seluruh tubuhnya dibalut oleh bulu dengan warna-warni yang mencolok. Lebih luas lagi, merak yang menari menggambarkan keindahan alam di daerah garut yang yang dipenuhi oleh warna-warna segar nan indah.

Tarian merak menggambarkan keharmonisan kehidupan masyarakatnya yang selalu rukun, damai, dan penuh kegembiraan. Batik Motif Merak Ngibing ini sangat populer di daerah Garut dan Jawa Barat pada umumnya. Motif ini biasa dipakai dalam perayaan acara kebudayaan, acara-acara formal, upacara adat, maupun pernikahan. Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai pemakaian motif ini, sesuai dengan gaya batik Garutan lainnya yang tidak terpaku pada aturan gaya batik tertentu.

Source Batik Garut Motif Merak Ngibing Batik
Comments
Loading...