Batik Garuda Ngupuk Khas Sukabumi

0 461

Batik Sukabumi memiliki corak dan warna yang khas dari daerah lain. Corak batik Sukabumi sangat terkenal, baik oleh warga Sukabumi sendiri maupun luar kota bahkan sampai ke luar negeri. Salah satunya batik Garuda Ngupuk.

Batik Garuda Ngupuk

Batik Garuda Ngupuk memiliki arti kota-kota yang seperti Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi. Kota tersebut biasanya dibangun dengan konsep berdasarkan pengembangan. Tipe seperti ini yang biasanya dipilih masyarakat dengan latar belakang kebudayaan sawah.

Banyak yang menganggap bahwa lahan yang ideal untuk pusat pemerintahan adalah lahan yang datar, luas, dialiri sungai dan berlindung dibalik pegunungan, begitupun Kota Sukabumi. Garuda Ngupuk menurut kepercayaan Sunda khususnya masyarakat Kota Sukabumi kondisi lahan yang baik untuk pusat pemerintahan harus seperti “Garuda ngupuk, bahe ngaler-ngetan, dekeut pangguyangan badak putih”.

Makna  ungkapan itu adalah letak dan kondisi lahan untuk ibu kota harus baik dari berbagai segi, serta dekat dengan sumber air. Filosofi batik Garuda Ngupuk adalah setiap manusia harus memiliki sumber-sumber kehidupan. Sumbernya itu adalah luas ilmu pengetahuan, karena ilmu adalah pondasi dari setiap kehidupan seseorang, harus dinamis di setiap kondisi dan mempunyai hati yang kuat menerima apapun yang akan dihadapi. Sumber-sumber itulah bila dipadu padankan akan menjadi manusia yang sempurna.

Batik Sukabumi juga telah ditetapkan sebagai salah satu oleh-oleh khas Sukabumi oleh pemerintah. Tak hanya itu, banyak penghargaan dan gelar juara pertama diraih oleh batik Sukabumi dari setiap even yang digelar.

Source Batik Garuda Ngupuk Khas Sukabumi Filosofi
Comments
Loading...