Batik Galau Tembus Pasar Luar Jawa

0 192

Batik Galau Tembus Pasar Luar Jawa

Berawal dengan adanya rasa bosan terhadap seni batik tulis klasik, seorang pemuda dari Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Bayu Permadi mencoba peruntungan dengan menuangkan ide untuk membuat batik tulis abstrak kontemporer sejak tahun 2009 silam. Setelah sekian lama ditekuni, batik tulis karya salah seorang mahasiswa ISI Yogyakarta ini sudah mampu menembus pasaran luar Pulau Jawa. Pas awal-awal itu ada beberapa teman yang sempat menyebut dengan nama batik galau. Kalau dari batik yang saya bikin ini, walaupun abstrak tapi saya tidak meninggalkan seni dari batik klasik yang sudah ada sejak dulu,” ungkap Bayu Permadi.

Sedangkan dalam proses pembuatan batik abstrak kontemporer ini, Bayu Permadi selain menggunakan pewarna remasol dan indigo, juga menggunakan lilin parafin dan lilin malam. Dengan membutuhkan waktu sekitar 3 minggu sejak mengerjakan desain batik hingga kain batik siap untuk dipasarkan.

Beberapa bahan tadi sengaja saya kombinasikan, dan kalau sebulan kira-kira bisa mencapai 150 helai kain yang bisa saya produksi. Sementara dari seni batik tulis abstrak kontemporer yang diproduksi ini, dipatok dengan harga mulai Rp. 150 ribu-Rp. 750 ribu, dan memiliki pangsa pasar seperti DIY, Jakarta, Medan hingga Kalimantan.

Source http://kulonprogo.sorot.co/ http://kulonprogo.sorot.co/berita-5458-batik-galau-karya-pemuda-gulurejo-tembus-pasar-luar-jawa.html
Comments
Loading...