infobatik.id

Batik Gajah Mada Tulungagung

0 157

Batik Gajah Mada Tulungagung

Batik Gajah Mada masuk dalam jenis Batik Majanan, karena usaha batik ini berasal dari wilayah Desa Majan, Kedungwaru Tulungagung. Sejarah Batik Gajah Mada Tulungagung sebenarnya tidak bisa lepas dari sosok Haji Sapuan. Beliau anak seorang pengusaha batik di majan yang terpandang. menginjak dewasa haji Sapuan memutuskan untuk menimba ilmu di sebuah pondok pesantren di Solo.

Di lingkungan pesantren tersebut di sela sela belajar, beliau menyempatkan diri mengunjungi tempat pengrajin batik Dan beliau juga sangat senang bergaul dengan masyarakat sekitar yang notabene merupakan rujukan batik indonesia. Setelah beliau menyelesaikan sekolah di Solo tersebut, beliau kembali ke majan dengan membawa ide-ide baru seputar batik. Pada tahun 1932 beliau mulai memberanikan diri membuat motif sendiri, dan motif tersebut di namakan motif gajah mada. Nama gajah mada sendiri di ambil berdasarkan simbol tokoh pemersatu nusantara, dan bila di artikan Motif Gajah Mada adalah penggabungan beberapa motif menjadi satu kesatuan batik.

Motif Gajah Mada berkembang lebih dari 20 varian dari penggabungan beberapa motif batik dari daerah lain. beberapa varian Motif Gajah Mada yang di kenal luas oleh masyarakat sebagai berikut : Buntal Gajah Mada, Buntal kepet Gajah Mada, Buntal Kepet Jarot Asem Gajah Mada, Buntal Merak Jarot Asem Gajah Mada, Buntal Gabah Wuitah Gajah Mada, Buntal Cenderawasih Gajah Mada, Cluken Jantung Hati Gajah mada, Ceplok Gabah Wutah Gajah Mada, Curigo Buntal Gajah Mada, Gringsing Garudho Tarung Gajah Mada, Gringsing Tri Busono Gajah Mada, Karante Gajah mada, Lereng Ganefo Gajah mada, Lereng Cubit-Cubitan Gajah Mada, Sayonara Gajah Mada, Sekar Jagad Gajah Mada, Tasik Tiga serangkai Gajah Mada, Tasik Sirkayan Gajah Mada, Tiga serangkai Gajah Mada, Wahyu Tumurun Gajah Mada

Source Batik Gajah Mada Tulungagung Batik
Comments
Loading...