Batik Flamboyan Jadi Unggulan Grobogan

0 63

Batik Flamboyan Jadi Unggulan Grobogan

Disperindag Kabupaten Grobogan berhasil membuat program pemberdayaan masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) Flamboyan perlu ditiru oleh Pemkab atau Pemkot yang ada di Jateng. Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng saat berkunjung ke KUB Flamboyan di rumah Ibu Nunung Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Ketua KUB Flamboyan Nunung Wijayanti mengatakan KUB Flamboyan adalah salah satu kelompok usaha bersama yang selama ini rutin memproduksi batik tulis beragam motif.

Motif Tanaman atau tumbuhan menjadi produk utama batik tulis KUB Flamboyan. Selain itu, kedelai, bambu, jati, dan jagung merupakan motif lain yang juga menjadi ciri khas produk. Nunung menambahkan berdirinya KUB Flamboyan tidak terlepas dari peran Disperindag Kabupaten Grobogan. Sejak itulah, dirinya aktif memberikan pelatihan pembuatan batik tulis ke beberapa kelompok ibu-ibu di wilayah di Grobogan, terutama di lingkungan tempat tinggalnya.

Camat Purwodadi Mat Suberi mengaku bangga atas keberhasilan warganya mengembangkan batik tulis. “Kami bangga atas keberhasilan warga yang mengembangkan batik tulis. Selain dapat memberikan dampak kesejahteraan dari sisi finansial, banyak warga yang berduyun-duyun ikut berpartisipasi dalam mengembangkan batik tulis. Bahkan, untuk motif bambu atau biasa disebut pring sedapur, saat ini mulai diperkenalkan sebagai ikon produk lokal oleh Pemerintah Kabupaten Grobogan,” kata camat.

Source http://wartalegislatif.dprd.jatengprov.go.id/ http://wartalegislatif.dprd.jatengprov.go.id/post/batik-flamboyan-jadi-unggulan-grobogan
Comments
Loading...