Batik Eliza Van Zuylen

0 97

Batik Eliza Van Zuylen

Salah satu Maestro Batik Indonesia merupakan warga negara Belanda yang bernama Eliza Van Zuylen atau di kenal dengan E. Van Zuylen yang hidup antara 1863 – 1947. Berikut ini adalah salah satu gambar karya batik Eliza Van Zuylen.

Batik karya Eliza Van Zuylen kebanyakan Bermotif Buket Bunga, yang kemudian banyak dikenal dengan Van Zuylen Bouquet. Batik Belanda mulai berkembang mulai dari tahun 1840 – 1940, umumnya Batik Belanda berupa kain sarung yang hanya dibuat untuk Orang Belanda & keturunan Belanda. Batik jenis ini banyak terdapat di daerah pantai, misalnya di daerah Kota Pekalongan. Sebagian besar pola Batik Belanda termasuk dalam pola buketan. Salah satunya yang terkenal adalah batik buketan karya Eliza Van Zuylen.

Pada perkembangan Batik Belanda, batik Eliza van Zuylen diakui merupakan sebagai puncak karya cipta pengusaha Batik  Belanda. Batik Eliza Van Zuylen memiliki tingkat kerumitan yang paling tinggi baik dalam hal ragam hias yang khas dan mendetail, juga dari segi beranekaragamnya warna yang dihasilkan. Sebagian besar batik Eliza Van Zuylen bercorak buketan, untuk menghasilkan warna-warni bunga pada corak buketan ini Eliza Van Zuylen menggunakan zat warna sintetis sehingga warna yang dihasilkan lebih beragam. Sedangkan proses pewarnaan juga dilakukan dengan cara dicelup dan dicolet untuk efisiensi waktu dalam proses pengerjaan.

Eliza Van Zuylen juga melakukan berbagai pengembangan motif, misalnya dengan mengakulturasi corak buketan-nya dengan unsur-unsur kebudayaan Cina, dikarenakan pada saat itu sudah mulai bermunculan juga pengusaha Batik Cina dan Arab di Pulau Jawa. Unsur-unsur kebudayaan Cina tersebut terlihat pada munculnya corak teratai, burung merak dan detail isen-isen yang lebih rumit pada pola buketannya. Warna yang ditampilkan pada batik menjadi lebih beragam dan cerah, masih dengan menggunakan pewarna sintetis.

Source Batik Eliza Van Zuylen Batik
Comments
Loading...