infobatik.id

Batik Disebut Madiba Shirt Di Afrika Selatan

0 26

Batik Disebut Madiba Shirt Di Afrika Selatan

Batik merupakan pakaian asli Indonesia yang tumbuh sebagai identitas budaya bangsa. Ragam hias yang berkembang dimasyarakat, kaya akan nilai yang dijunjung tinggi oleh para leluhur kita. Kini, batik tidak hanya populer di Indonesia namun keberadaanya sudah diakui di mata internasional, salah satunya di Afrika Selatan.

Negara yang dijuluki Negara Pelangi ini juga mengenal batik namun dengan nama Madiba Shirt atau Kemeja Madiba. Pakaian ini diperkenalkan oleh mantan Presiden Afrika Selatan yang menjabat tahun 1994 sampai dengan 1999, Nelson Mandela. Tokoh dunia yang satu ini memang identik dengan pakaian batiknya yang selalu ia kenakan disetiap acara-acara internasional. Madiba sendiri adalah nama marga kehormatan dari Suku Xhosa. Merujuk kepada seorang kepala Thembu yang memerintah di Transkei pada abad ke 18.

Kecintaan Mandela terhadap batik sudah tak terbantahkan lagi. Ia sangat berjasa mempromosikan pakaian asli Indonesia ini di mata dunia. Disaat bertemu dengan pemimpin-pemimpin dunia yang menggunakan pakaian berbalut jas, Mandela tak sungkan mengenakan batik yang akhirnya menjadi ciri khasnya.

Awal kecintaannya terhadap batik bermula saat dia diberi suvenir ketika berkunjung ke Indonesia. Seperti cinta pada pandangan pertama, Mandela jatuh hati pada pakaian yang memiliki banyak ragam corak ini. Presiden Soeharto bahkan sempat dibuat terkejut ketika bertemu dengannya. Presiden Soeharto kala itu kabarnya kaget melihat Mandela mengenakan batik saat bertemu dengannya di tahun 1997. Saat itu, Mandela mengenakan batik, sementara Soeharto malah tampil dalam balutan setelan jas.

Source http://pusatgrosirsolo.com/ http://pusatgrosirsolo.com/artikel-batik/batik-disebut-madiba-shirt-di-afrika-selatan/
Comments
Loading...