Batik Diklaim Negara Lain, Desainer Oscar Lawalata Ajak Publik Berkaca

0 29

Batik Diklaim Negara Lain, Desainer Oscar Lawalata Ajak Publik Berkaca

Deretan karya Oscar Lawalata jadi bukti pekerjaan rumah Indonesia tak berhenti sampai batik diresmikan UNESCO ke dalam Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity sebagai warisan budaya tak benda pada 2 Oktober 2009 lalu di Abu Dhabi, Uni Emirates Arab.

Tanggung jawab baru justru dipikul setelah pengakuan tersebut diresmikan. Menghadapi klaim dari negara lain yang ternyata tak hanya terjadi sekali, misalnya. Sebagai salah satu pihak yang gencar memperkenalkan batik, Oscar punya cara tersendiri untuk menghadapi ganjalan tersebut.

Di samping itu, Oscar juga mengaku khawatir dengan keberadaan pabrik tekstil dengan produksi batik print. Hal ini dianggapnya sebagai salah satu alasan banyak pengrajin batik tak bisa bermain di roda ekonomi. Hingga akhirnya, Oscar Lawalata mengajak publik untuk memiliki persepsi lain soal batik. Batik itu bukan soal motif. Tapi, proses yang harus dihargai. Jangan cuma lucu, ini kan batik. Boleh, tapi jangan bangga. Yang harus dibanggain itu saat kita bisa support pengrajin.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3673500/batik-diklaim-negara-lain-desainer-oscar-lawalata-ajak-publik-berkaca?source=search
Comments
Loading...