infobatik.id

Batik Dharma Ayu

0 11

Batik Dharma Ayu

Lokasi penelitian berikutnya adalah Batik Dharma Ayu. Nama Batik Dharma Ayu ini diambil dari nama Indramayu yang semula bernama Dharma Ayu. Terletak sekitar lima ratus meter dari pusat kota Indramayu yaitu di Jalan Mayor Dasuki No. 3 Penganjang Indramayu. Batik Dharma Ayu berdiri sejak tahun 1982. Pemilik Batik Dharma Ayu adalah Nani Rochani, seorang wanita berusia 62 tahun yang sangat peduli dengan seni dan budaya khususnya batik. Selain pemiliki usaha Batik Dharma Ayu, Nani Rochani juga merupakan tokoh budayawan yang ramah dan tak segan untuk membagi ilmu tentang batik di Indramayu. Usahanya yang dimulai dari nol menghasilkan berbagai penghargaan yang diraih, seperti penghargaan karena usahanya mendirikan dan mengembangkan usaha industri batik tulis, penghargaan usaha kecil berprestasi bidang batik tingkat Propinsi Jawa Barat, dan penghargaan dari Presiden Soeharto berkenan menerima peserta RAKERNAS KOMPARTEMEN industri kecil.

Di bawah ini merupakan beberapa penghargaan yang diberikan kepada pemilik Batik Dharma Ayu. Meskipun kini usianya tidak lagi muda akan tetapi Nani masih tetap semangat melestarikan Batik Paoman ini. Namun karena keterbatasan tenaga yang tidak seperti dulu lagi, kini batik Dharma Ayu dikelola oleh putra dan putri Nani, kemudian diberi nama Putra Dharma Ayu dan Putri Dharma Ayu yang berada di Jakarta. Produk-produk yang dihasilkan oleh Batik Dharma Ayu meliputi: kain panjang (jarik), kain sarung, kain bahan baju, syal dan produk-produk sesuai permintaan konsumen.

Proses pembuatan yang dihasilkan oleh Batik Dharma Ayu yaitu dengan menggunakan teknik batik tulis dan batik cap. Di bawah ini merupakan gambar suasana showroom di batik Dharma Ayu. Suasana showroom yang disuguhkan secara minimalis dan pelayanan yang ramah, membuat pengunjung merasa nyaman. Showroom ini siap melayani konsumen kapan saja, tidak ada batasan waktu, hal ini dikarenakan letak showroom yang menjadi satu dengan tempat tinggal. Kegiatan di showroom selain melayani pembeli yaitu mengirim produk-produk batik ke showroom putra Dharma Ayu dan Putri Dharma Ayu, yang berada di Jakarta.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...