Batik Dewi Wanu

0 30

Batik Dewi Wanu

Kelompok batik yang ada di Dusun Barepan ini memiliki nama Batik Tulis Dewi Wanu. Asal usul nama DEWI WANU ini merupakan hasil singkatan dari Desa Wisata Wanurejo. Kelompok batik yang berdiri sejak tahun 2014 memiliki anggota sebanyak 10 orang dan diketuai oleh Ibu Supriyanti. Griya Dewi Wanu terletak di Dusun Barepan RT 01/RW 05, Wanurejo, Borobudur Magelang.

Karya yang dihasilkan hanyalah batik tulis saja, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menyelesaikan selembar kain batik tulis ini. Biasanya untuk kain berukuran 2 m dijual dengan harga Rp. 300.000,00 sedangkan kain berukuran 2,5 m dijual dengan harga Rp. 350.000,00. Di sini juga menyediakan syal berbatik dan pakaian jadi bagi pemesannya. Kelompok batik ini memiliki kekhasan motif relief dekoratif Candi Borobudur, Mendut dan Pawon.

Selain memproduksi batik tulis, kelompok batik ini juga menyediakan pelayanan workshop pembuatan batik untuk umum dan para wisatawan. Cukup dengan Rp. 25.000,00 rupiah, akan diajari cara membatik, mendapat sapu tangan hasil karya membatik sendiri dan juga snack. Terlebih lagi, kelompok batik ini telah mendapat pelatihan oleh UNESCO.

Source http://jelajahwanurejo.blogspot.co.id/ http://jelajahwanurejo.blogspot.co.id/2017/07/batik-dewi-wanu.html
Comments
Loading...