Batik Dewi Rengganis Legenda Putri Lereng Gunung Argopuro

0 116

Batik Dewi Rengganis Legenda Putri Di Lereng Gunung Argopuro

Kabupaten Probolinggo dikenal sebagai daerah penghasil mangga dan anggur, tetapi Kabupaten Probolinggo juga mempunyai ciri khas batik dari zaman leluhurnya. Batik ini bernama Dewi Rengganis, yang diambil dari legenda kisah seorang putri cantik di Lereng Gunung Argopuro. Kain batik yang dikenakan puluhan model ini hasil karya Rusiami warga Probolinggo. Meski buatan pelaku usaha kecil, kain batik ini tak kalah dengan batik yang sudah tenar, baik dari segi kain maupun motifnya.

Uniknya motif batik ini merupakan khas dari masyarakat lereng Gunung Argopuro. Dimana legenda wanita cantik Dewi Rengganis tinggal, dengan ciri-ciri motif bunga, daun dan warna terang. Ciri batik ini adalah di warna dan motifnya. Konon, Dewi Rengganis ini cantik dan sangat menyukai aneka bunga. Maka di Lereng Gunung Arpuro di Kecamatan Krucil sangat kaya aneka bunga, khususnya bunga gunung.

Di Probolinggo ada batik khasnya, salah satu Batik Dewi Rengganis yang terkenal dengan kecantikannya. Batik ini laris sekali dan omzet sebulan mencapai Rp 90 juta. Menurut Kepala Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, pihaknya akan mendukung Batik Dewi Rengganis untuk go internasional bersaing dengan batik-batik dari daerah lain.  Diharapkan ke depan Batik Dewi Rengganis, akan terus maju dan diminati masyarakat Indonesia hingga ke penjuru dunia. Rencananya batik ini akan ditampilkan lagi di Fashion Show On The Beach, di Pantai Duta, Kabupaten Probolinggo.

Source Batik Dewi Rengganis Legenda Putri Di Lereng Gunung Argopuro Batik
Comments
Loading...