Batik Desa Lorok Pacitan

0 269

Batik Desa Lorok Pacitan

Kerajinan Batik yang dibuat oleh masyarakat Desa Lorok, Pacitan merupakan sebuah seni dan juga motif batik yang terus mengalami perkembangan. Motif Batik ini dari masa ke masa mengalami perubahan yang dapat terlihat dari bentuk Motif Batiknya. Motif Batik Lorok ini sekitar tahun 1980an telah mengalami beberapa perubahan. Beberapa bentuk perubahan yang dapat terlihat sangat jelas adalah dalam hal kegunaan batik yang dipakai sebagai bahan baju pria dan juga bahan baju wanita. Motif Batik dan juga warna yang dipakai oleh masyarakat desa Lorok ini mirip dengan motif berbagai jenis tekstil yang di pasar.

Para seniman batik tidak terlalu memperhatikan detail motif batik yang mereka buat. Hal ini disebabkan oleh permintaan pasar pada waktu itu yang pada umumnya menginginkan batik dengan harga yang murah dan dibuat dengan waktu yang singkat. Pada waktu itu peran pemerintah telah cukup besar untuk dapat mengangkat dan juga mengembangkan Motif Batik Lorok ini. Disini peran Pemerintah dalam program pelatihan untuk memberi warna dan juga penambahan pengetahuan mengenai batik, selain itu juga dengan mengadakan berbagai macam kegiatan pameran yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan motif batik Lorok ini.

Batik Lorok terus mengalami perkembangan dari masa ke masa, hal ini terlihat saat era tahun 1990an yang walaupun masih menggunakan motif batik yang sederhana dan waktu yang singkat dalam membuat batiknya. Batik dari Desa Lorok telah memiliki banyak jenis motif yang berkembang dan mendapatkan pengaruh dari batik yang berasal dari daerah lain. Mulai memasuki tahun 2000an, seni batik dari Desa Lorok sudah mulai memperlihatkan keberadaannya. Di daerah ini mulai muncul banyak seniman batik mudah yang mulai membawa nuansa baru dan segar dalam seni batik desa ini. Batik yang dibuat oleh masyarakat daerah ini mulai menggunakan motif yang memiliki kesan alami dan dibuat dengan detail yang baik dan juga halus.

Terjadi perubahan kualitas batik dari daerah ini telah terlihat semakin baik dan para seniman batik dari daerah ini telah berusaha dengan sangat kuat untuk dapat meningkatkan mutu batik buatan mereka sehingga dapat sebanding dengan batik tulis dari wilayah lain. Memasuki tahun sekitar 2010an, motif batik lorok telah berhasil memperlihatkan motif batik yang indah. Motif batik dari era ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu batik yang menggunakan warna alami dan yang satu lagi adalah batik klasik modern.

Source Batik Desa Lorok Pacitan Batik
Comments
Loading...