Batik Depok Motif ODNR

0 239

Batik Depok Motif ODNR

Motif terbaru dari Batik Depok dinamakan batik ODNR (One Day No Rice) atau program Sehari Tanpa Nasi karena motif ini terdapat berbagai varian karbohidrat yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi dan memiliki indeks glikemik yang rendah, seperti jagung, kentang, singkong, ubi, talas, dan sagu. Dalam motif batik ini, menyiratkan bahwa karbohidrat itu tidak selalu berasal dari padi. Batik tersebut diluncurkan sebagai hadiah HUT Ke 14 Kota Depok pada 2 Mei 2013 lalu. Batik berwarna dasar yang dipadu warna kuning dan putih itu terdapat gambar karbohidrat lokal seperti jagung, singkong, ubi jalar, kentang, sagu, dan tales. Batik ODNR itu bukan batik untuk seragam pegawai negeri sipil (PNS) Kota Depok melainkan untuk seluruh masyarakat Depok. Karena untuk masyarakat Depok maka seniman batik mempersembahkan fesyen tersebut. Selain itu juga untuk masyarakat Indonesia yang menjadikan hidup sehat dengan mengedepankan pangan lokal sebagai gaya hidup.

Bagi para masyarakat yang ingin memiliki Batik Depok, bisa membelinya di Dekranasda di kantor Balai Kota Depok yang beralamat di Gd. Balaikota, Jl. Margonda Raya No. 54. Atau bisa juga ke UKM Center di ITC Depok. Namun sangat disayangkan karena Batik Depok masih dibuat dengan proses batik priting dan bukan proses batik tulis.

Upaya yang dilakukan Pemda setempat untuk melestarikan Batik Depok yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Depok, serta masyarakat Depok pada umumnya diharapkan untuk mengenakan Batik Depok di setiap kesempatan. Para siswa se- Kota Depok juga diharapkan mengenakan batik bercorak ikan hias seminggu sekali. Begitu pula para PNS akan memakai batik bercorak Paricara Dharma.

Source Batik Depok Motif ODNR Batik
Comments
Loading...