Batik Daun Sirih

700

Batik Daun Sirih

Motif Batik Daun Kembang Sirih merupakan motif batik yang dibuat dengan cara tradisional dan diberikan sentuhan modern sehingga dapat lebih menarik dan juga berguna. Motif Batik Daun Sirih ini banyak dipakai dalam pembuatan bahan berbagai macam jenis produk sandang seperti jilbab, mukena, sprei, dan berbagai macam benda lainnya. Pembuatan Motif Batik Daun Sirih ini menggunakan teknik pemberian warna pada kain yang menggunakan bantuan malam sebagai perintang warna dan juga menggunakan teknik batik kontemporer yang menggunakan berbagai paduan motif batik yang memperlihatkan keindahan budaya masyarakat Indonesia.

Motif Batik Tulis Daun Kembang Sirih merupakan jenis motif batik yang dikembangkan oleh masyarakat di Sidoarjo tepatnya di daerah Desa Randegan yang berada di kecamatan Tanggulangin. Motif batik ini telah memiliki banyak peminat dan merupakan motif batik yang banyak dikembangkan dengan memperlihatkan banyak nilai-nilai budaya masyarakat Indonesia. Motif batik daun sirih ini merupakan jenis motif batik yang memiliki makna dan juga filosofi tersendiri dalam setiap garisan motif batik nya.

Motif batik yang berasal dari Sidoarjo yang lain diantaranya adalah Motif Batik Udang Dibalik Batu, Motif Batik Daun Kembang Sirih, Motif Batik Panen Tambak, Motif Batik Tanah Retak, Motif Batik Lumpur Lapindo dan masih banyak motif baju batik khas lainnya. Motif Batik Daun Sirih ini merupakan salah motif batik khas dari Kota Sidoarjo yang menambah ragam jenis motif batik yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Motif Batik Tulis Daun Kembang Sirih ini banyak menggunakan warna alam. Hal ini membuat Motif Batik Daun Kembang Sirih ini memiliki kelebihan dari berbagai macam motif batik lain yang menggunakan warna buatan.

Source http://caritabatik.webs.com/ http://caritabatik.webs.com/apps/blog/show/43841034-batik-daun-sirih
Comments
Loading...