Batik Dan Nelson Mandela

0 37

Batik Dan Nelson Mandela

Pada 100 tahun lalu yakni pada tanggal 18 Juli 1918 seorang revolusioner lahir di Afrika Selatan. Ia lahir dari keluarga kerajaan Thembu dan bersuku Xhosa. Perjalanan hitupnya cukup berliku, namun itulah yang mengantarkannya menjadi presiden Afrika Selatan pertama yang berkulit hitam.

Ia adalah Nelson Mandela. Pria bernama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela itu dilantik menjadi Presiden Afrika Selatan pada tanggal 10 Mei 1994 dan disiarkan ke satu miliar penonton di seluruh dunia. Mandela mengakhiri masa jabatannya di tahun 1999.

Mandela memegang peran penting bagi kesejahteraan masyarakat Afrika Selatan. Tak hanya itu, dalam hubungannya di luar negeri. Nelson Mandela selalu menyerukan penyelesaian konflik melalui diplomasi dan rekonsiliasi. Ia juga sempat ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok tahun 1998.

Indonesia ternyata memiliki hutang budi ke Nelson Mandela. Hal itu karena ayah enam anak ini adalah sosok pertama yang mengenakan batik di pertemuan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Soeharto juga sampai kaget ketika Mandela mengenakan batik saat bertemu dengannya.

Saking seringnya Mandela mengenakan batik, pakaian dengan corak ini dijuluki “Madiba’s shirt” oleh masyarakat Afrika Selatan. Bahkan untuk menghormati Mandela, tak ada satupun warga Afrika Selatan yang mengenakan batik kecuali Mandela.

Beberapa desainer Afrika Selatan juga sengaja merancang motif batik untuk Mandela. Banyak yang mengambil motif Afrika Selatan, tapi tak sedikit juga yang menggabungkannya dengan motif asli Indonesia. Nelson Mandela sendiri tutup usia pada tanggal 5 Desember 2013 di umur 95 tahun. Sebelumnya, Mandela sempat dilarikan ke rumah sakit karena infeksi pernapasan. Kondisinya semakin kritis pada tanggal 23 Juni.

Source https://merahputih.com/ https://merahputih.com/post/read/batik-dan-nelson-mandela
Comments
Loading...