Batik dan Bordir Jatim Diminati di Pasar Internasional

0 71

Batik dan Bordir Jatim Diminati di Pasar Internasional

Kerajinan batik, bordir dan aksesoris Jawa Timur paling diminati baik di tingkat regional maupun ASEAN. Ini membuktikan pasar batik bordir dan aksesoris cukup terbuka lebar dan besar di tingkat internasional khususnya di Brunai Darusalam, Singapura, Malaysia dan Filipina.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur yang juga Ketua Harian Dekranasda Jawa Timur Warno Harisasono mengatakan, beberapa waktu yang lalu Jawa Timur telah ikut pameran di Batam dengan membawa produk batik, bordir, dan aksesoris. 

“Antusiasme terhadap produk batik Jawa Timur luar biasa sehingga maka sebelum pameran dibuka produk batik Jawa Timur separuhnya sudah habis terjual dan dibeli oleh turis dari Malaysia dan Singapura serta masyarak Batam,” ujar Hari, saat pembukaan Batik Bordir Aksesoris Fair 2015 yang akan berakhir hari ini, di Grand City Surabaya.

Pameran yang ke-10 ini merupakan komitmen untuk promosi reguler kerajinan batik, sekaligus memberikan apresisasi kesempatan yang seluas-luasnya kepada penguasaha dan perajin batik bordir aksesoris daerah yang mengembangan kreativitas dan jaringan pasar secara nasional dan pasar global. Diikuti 198 peserta batik dengan desain modern dan tradisional. Pameran tahun lalu jumlahnya 117 peserta (naik 15 persen) 

Didampingi Dirut PT Debindo Mitra Tama- Dadan M Kushendarman, Hari menuturkan bahwa kerajinan batik bordir dan aksesoris Jawa Timur saat ini telah berkembang baik mutu dan kualitasnya. Dengan kualitas mutu yang cukup baik maka harus dibarengi dengan memberikan ruang kepada para perajin untuk promosi agar produk batik bordir dan aksesoris mereka semakin dikenal terutama karya-karya terbarunya.

“Tiga tahun ke depan optimis industri kerjinan batik, bordir dan aksesoris akan mengambil bagian yang terbesar sekitar 10 persen dari PDRB dan akan bersaing dengan industri makanan minuman. Ini karena industri kerajinan batik, bordir, dan aksesoris di dalamnya terdapat emas perhiasan dan batu alam,” pungkas Hari.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/11187/batik-dan-bordir-jatim-diminati-di-pasar-internasional
Comments
Loading...