Batik Colet Kombinasi

0 345

Batik Colet Kombinasi

Teknik mewarnai dengan cara colet ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu teknik colet kombinasi dan teknik colet utuh. Kedua teknik ini tentu memiliki perbedaan, yang terdapat pada warna bagian latar dari motif batik yang dibuat. Teknik colet yang disebut sebagai teknik colet kombinasi adalah dengan cara setelah kain yang akan menjadi batik tersebut diberi malam, maka motif utama pada kain baju batik tersebut akan diberi warna dengan cara colet. Prosesnya adalah setelah malam kering maka motif utama akan di warna dengan sebutan di tembok.

Proses selanjutnya adalah warna latar diberikan dengan cara kain batik itu akan dicelup dalam larutan warna. Untuk membuat warna batik dengan cara ini, para pembuat batik harus lebih berhati-hati dan tentu saja membutuhkan rasa sabar, dan juga sangat tekun dalam pekerjaan dan yang paling penting adalah ketelitian dalam memberi warna. Teknik memberi warna dengan cara colet ini, para pembuat batik dapat memberi warna secara gradasi karena dengan menggunakan cara ini jumlah warna yang ingin diciptakan dapat dengan mudah diperoleh sehingga motif-motif batik yang tercipta dapat lebih indah.

Warna kain batik tersebut dapat memberi kesan pada setiap orang yang memandang. Dengan menggunakan teknik batik colet ini, warna yang dapat diperoleh oleh para pembuat batik ini menjadi lebih beragam dan dapat dibuat sesuai dengan yang diinginkan oleh para seniman batik tersebut. Teknik ini lebih memungkinkan untuk lebih bermain dengan warna, sehingga hasil akhir yang diperoleh pada pembuatan baju batik dengan teknik ini dapat menghasilkan warna yang bermacam dan juga memiliki warna yang sangat cerah dan juga indah.

Source Batik Colet Kombinasi Batik
Comments
Loading...