infobatik.id

Batik Cirebonan: Tenaga Perajinnya Kebanyakan Dari Pekalongan

0 34

Batik Cirebonan: Tenaga Perajinnya Kebanyakan Dari Pekalongan

Kebanyakan tenaga perajin Batik Motif Cirebonan berasal dari Kota Pekalongan Jawa Tengah akibat minimnya minat masyarakat untuk jadi pembatik. Para pengusaha batik yang memproduksi batik bermotif Cirebonan seperti Motif Mega Mendung, tidak sedikit yang membuka pabrik produksi batik di Pekalongan agar bisa mendapatkan tenaga perajin batik dengan mudah.

Komarudin Kudiya, Ketua Harian Yayasan Batik Jawa Barat mengatakan kelangkaan tenaga pembatik di Cirebon diakibatkan kurangnya regenerasi perajin batik sehingga pengusaha harus mendatangkan tenaga pembatik dari Pekalongan. “Batik tulis membutuhkan teknik dan keahlian khusus sehingga tenaga pembatiknya pun harus yang memiliki keahlian,” katanya disela-sela peresmian Sanggar Batik Cikal Indrakila di Trusmi Kulon, Kabupaten Cirebon.

Khusus untuk di Trusmi sendiri tambahnya, saat ini ada sekitar 2.000 perajin batik, padahal kalau ada tenaga perajin batik 4.000 orang pun pastinya akan terserap oleh pengusaha di Sentra Batik Trusmi. Hal senada diungkapkan Ketua Umum Yayasan Batik Jawa Barat, Sendy Yusuf yang menilai perajin batik di Cirebon butuh regenerasi karena kebanyakan berusia di atas 25 tahun. Minimnya regenerasi tenaga perajin batik juga terjadi hampir di seluruh daerah di Jawa Barat yang telah memiliki motif batik khas daerah.

Source http://bandung.bisnis.com/ http://bandung.bisnis.com/read/20121213/5/280972/batik-cirebonan-tenaga-perajinnya-kebanyakan-dari-pekalongan
Comments
Loading...