Batik Cirebon Motif Paksi Naga Liman

0 998

Batik Cirebon Motif Paksi Naga Liman

Ragam Batik khas Cirebon yang merupakan salah satu dari empat sentra industri batik di Jawa Barat yang masih ada sampai sekarang. Cirebon merupakan sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola batik di sentra-sentra industri batik lain di Jawa Barat.

Motif Batik Cirebon yang paling terkenal dan menjadi ikon Cirebon adalah motif Mega Mendung. Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali. Selain Motif Mega Mendung ada Motif Batik Paksi Naga Liman.

Motif Batik Paksi Naga Liman adalah salah satu motif batik berasal dari cirebon yang menggambarkan tentang sebuah kereta sakti yang dinamakan Paksi Naga Liman. Dalam sejarahnya paksi naga liman merupakan seekor hewan keramat yang terdiri dari 3 gabungan hewan yaitu Paksi (Burung Garuda), Naga (Ular) dan Liman (Gajah).

Gaya teknik pembuatan batik Cirebon ini berbeda dengan teknik pembuatan batik Jawa. Pada proses penggambaran pola pada pembuatan batik Jawa, pembuat pola harus menggambar garis pola sebanyak dua buah (kembar) sehingga telah memberikan batasan tembok pada pola untuk tahapan selanjutnya. Selanjutnya, pembuat tembok tidak perlu membuat garis pola sendiri dan langsung terfokus pada proses untuk menutup bagian dasar kain yang tidak perlu diwarnai, dimana batasannya sudah dibuat oleh pembuat pola pada tahapan sebelumnya.

Source Batik Cirebon Motif Paksi Naga Liman Batik Cirebon
Comments
Loading...