Batik Cirebon Motif Naga Silam

0 926

Batik Cirebon Motif Naga Silam

Kebudayaan yang sangat populer di Indonesia adalah batik yang merupakan suatu jenis kain yang memiliki corak atau motif tertentu. Indonesia sendiri memiliki sangat banyak jenis batik yang dibedakan berdasarkan dari mana batik tersebut berasal yang mana setiap daerah memiliki ciri khas dan keunikan corak, motif, dan warnanya masin – masing. Salah satu daerah yang terkenal akan batiknya adalah Cirebon dengan batiknya yang memiliki motif khasnya.

Motif atau corak batik yang dimiliki daerah Cirebon memiliki ciri khasnya sendiri antara lain desainnya yang memiliki Motif Wadasan (batu) di beberapa bagian dengan adamya unsur ragam hias yang berbentuk awan atau mega, selain itu Batik Cirebon memiliki warna latar yang lebih muda dibandingkan dengan warna pada motif atau corak batiknya.

Motif Batik dari daerah Cirebon selain Motif Batik Mega Mendung yang lainnya adalah Motif Batik Naga Silam. Motif Batik Naga Silam juga banyak mendapatkan pengaruh dari kebudayaan Tiongkok. Perbedaan lainnya dari Motif Batik Mega Mendung adalah Motif Batik Naga Silam juga mendapatkan pengaruh dari kebudayaan India yang memiliki makna peperangan antara kebaikan melawan kejahatan.

Batik Cirebon memiliki ciri khas tersendiri yaitu motif dan warnanya yang lebih cerah dibandingkan dengan batik-batik  dari daerah lainnya. Faktor pendukung lainnya yaitu berupa sumber daya manusia yang berada di Cirebon memiliki tingkat kreativitas yang tinggi sehingga dapat menghasilkan goresan batik yang indah dengan komposisi warna yang pas.

Source Batik Cirebon Motif Naga Silam Motif Batik
Comments
Loading...