Batik Cirebon Motif Kompeni

0 521

Batik Cirebon Motif Kompeni

Batik Cirebon merupakan salah satu kerajinan batik tertua yang ada di Jawa. Batik Cirebon telah ada sejak zaman kerajaan kuno dan menjadi bagian dari keraton. Seiring dengan berjalannya waktu, Batik Cirebon menyebar keluar keraton melalui abdi dalam kerajaan lalu menjadi salah satu busana berpakaian masyarakat umum kala itu.

Ciri khas Batik Cirebon adalah adanya garis-garis tipis yang halus dan tidak putus serta warna batik di dominasi dengan warna corak terang. Untuk membuat garis halus para perajin batik di tuntut untuk lebih bersabar dalam membuat pola dan harus super teliti. Kesabaran dan ketelitian tinggi inilah yang menjadikan tidak semua orang mampu membuat Batik Cirebon terutama pada bagian garis halus. Dampak yang ditimbulkan dari pembuatan batik yang sulit adalah sekarang sulit sekali di temui Batik Cirebon yang memiliki garis-garis sangat halus, yang ada malah sebaliknya garis-garis ini terlihat lebih tebal. Salah satu motif Batik Cirebon adalah Motif Kompeni.

Motif Kompeni Cirebon

Motif Batik Kompeni merupakan motif batik yang juga cukup terkenal di cirebon. Bedanya dengan Motif Megamendung adalah Motif Batik Kompeni menceritakan tentang kehidupan masyarakat Indonesia ketika masih di jajah oleh Belanda atau yang juga di kenal kompeni. Pada Motif Kompeni tergambar aktivitas yang ada pada zaman belanda seperti para tentara belanda yang sedang menenteng senjata, masyarakat pribumi yang di paksa bekerja oleh penjajah dan aktivitas lainnya yang di lakukan pada masa itu.

Source Batik Cirebon Motif Kompeni Motif Batik
Comments
Loading...