Batik Cirebon : Batik Kompeni Bermain, Masa Belanda

0 49

Batik Kompeni merupakan batik yang berkembang pada masa penjajahan Belanda dan sampai sekarang tetap eksis. Bentuk motif adalah motif non-geometris, terlihat dari motif manusia (pria, wanita berpakaian petani atau nelayan, peternak, tentara VOC bersenapan laras panjang), pohon, gerobak, meriam, bendera, kerbau, kambing dan lain-lain. Motif-motif disusun secara horizontal, seperti relief pada candi. Penyusunan motif Kompeni ini bergayakan penyusunan motif batik Cina, secara perspektif susunan motif bagian atas adalah objek yang paling jauh, dan susunan motif paling bawah adalah objek yang paling dekat atau disebut juga pola perspektif gunung.

Adapun ciri motif kompeni adalah biasanya tentang kehidupan tentara kompeni jaman dulu dengan ciri khas membawa bedil/senapan, ada juga tentang kehidupan petani, pedagang. Intinya ciri motif batik kompeni ialah bercerita tentang kehidupan, baik jaman dulu waktu semasa penjajahan Belanda ataupun jaman sekarang. Motif perlengkapan yang tervisualisasikan pada batik Kompeni seperti mobil merupakan kendaraan yang digunakan mereka. Demikian pula bendera, dan gentong, kedua benda ini kerap digunakan dalam keadaan perang.

Ibarat relief yang terpahat pada dinding candi yang menggambarkan rangkaian cerita bersejarah. Begitupun dengan batik motif Kompeni, dengan melihat gambar di sehelai kain batik motif Kompeni, kita seperti dibawa melihat gambaran masa-masa jaman dahulu saat penjajahan Belanda dan aktifitas kehidupan masyarakatnya saat itu.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/08/06/edisi-hut-ri-ke-73-mengenang-perjalanan-kemerdekaan-melalui-batik-kompeni
Comments
Loading...