Batik Cimahi Motif Kujang

0 134

Batik Cimahi Motif Kujang

Batik Cimahi sendiri diproduksi langsung di Lembur Batik Cimahi, dan sudah didistribusikan ke luar kota bahkan mancanegara, untuk di luar kota sendiri batik Cimahi sudah sampai ke Jakarta, Karawang, Makasar, Kalimantan,dan Papua, sedangkan untuk mancanegara Batik Cimahi sudah sampai ke Hongkong, Thailand dan Singapura, sedangkan untuk promosi nya sendiri Batik Cimahi mempunyai website yang dapat dijangkau oleh semua orang di dunia.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kujang. Kujang merupakan salah satu senjata khas dari daerah Jawa Barat. Kujang bisa disebut juga sebagai sejenis arit atau sabit namun memiliki bentuk yang berbeda, arit atau sabit lebih dikenal dengan sebutan celurit, sehingga tidak ada bahasa internasional yang cocok untuk menggambarkan arti senjata tradisional ini. Asal muasal istilah Kujang berasal dari kata “Kudhiyang” diambil dari bahasa Sunda Kuno yang memiliki pengertian senjata yang mempunyai kekuatan gaib saktidipergunakan sebagai jimat atau penolak bala misalnya untuk menghalau musuh atau menghindari bahaya penyakit.

Motif ini dipilih sebagai salah satu motif Batik Cimahi, corak kujang sendiri diambil dikarenakan kujang adalah senjata tradisional khas daerah Jawa Barat. Motif ini memiliki warna orange, kuning, dan coklat tua, dipadukan dengan gambar kujang pada motif tersebut.

Source http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/651/jbptunikompp-gdl-vincnsiusa-32518-10-unikom_v-i.pdf
Comments
Loading...