infobatik.id

Batik Cimahi Motif Cireundeu

0 15

Batik Cimahi Motif Cireundeu

Batik Cimahi memiliki keunikan dari motifnya, yaitu motif yang diambil dari beberapa daerah yang menjadi khasnya Kota Cimahi, warna yang berani pun menjadi alasan pembeda Batik Cimahi dengan batik daerah lain.

Batik Cimahi memiliki keunikan dari motif dan warna nya yang berani, dan beberapa Batik Cimahi yang dalam teknis pewarnaannya dibuat dari pewarna alam yaitu kopi, sangat disayangkan sekali apabila masyarakat Kota Cimahi yang masih belum mengenal akan batik daerahnya ini,batik ini memiliki keunikan yang membedakan dengan batik daerah lain, mengapa masyarakat Cimahi perlu ikut serta tertarik dan melestarikan Batik Cimahi dikarenakan Batik Cimahi jika berkembang dan maju dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan negara.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Cireundeu. Tema motif ini mewakili kampung Cireundeu yaitu suatu perkampungan kecil di Cimahi Selatan yang dimana para penduduknya menjadikan sampeu menjadikan makanan pokok daerahnya, menjadikan daun sampeu atau singkong ini sebagai Motif Batik Cimahi, motif ini berwarna merah dan kuning. Kampung Cireundeu terletak diperbatasan Kota Cimahi dengan Kabupaten Bandung Barat tepatnya dengan Kecamatan Batujajar. Jarak dari kampung Cireundeu ke Kelurahan Leuwigajah kurang lebih 3 Km dan 4 Km ke kecamatan serta 6 Km ke kota atau Pemerintah Kota Cimahi. Kampung Cireundeu dikelilingi oleh gunung Gajah Langu dan Gunung Jambul disebelah Utara, gunung Puncak Salam di sebelah Timur, Gunung Cimenteng di sebelah Selatan serta Pasir Panji, TPA dan Gunung Kunci disebelah Barat.

Source http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/651/jbptunikompp-gdl-vincnsiusa-32518-10-unikom_v-i.pdf
Comments
Loading...