Batik Cimahi: Harga Masih Menyasar Konsumen High-end

0 56

Batik Cimahi: Harga Masih Menyasar Konsumen High-end

Produk  yang dihasilkan oleh para perajin batik di Kota Cimahi hanya bisa dinikmati kalangan menengah ke atas mengingat harga per potongnya yang cenderung mahal. Harga satu stel kemeja batik misalnya, rata-rata dipatok dengan harga di atas Rp. 300.000 hingga jutaan rupiah. Hal tersebut disebabkan, industri batik Cimahi, kebanyakan masih industri rumahan, dan belum diproduksi secara masal, sehingga batik yang tersedia hanya untuk kalangan tertentu saja.

Kepala Seksi Kerja Sama, Kantor Penanaman Modal, Pemkot Cimahi, Febri Ratmoko menuturkan, kotanya sudah memiliki motif khas yang bisa dijadikan motif kebanggaan masyarakat Cimahi. “Belum lagi, para perajin, tidak memroduksi sendiri batiknya, ada juga yang menitipkan produksi atau cetak motifnya di tempat lain, sehingga harga jual batik semakin mahal,” ujarnya. Kondisi perbatikan di Cimahi berbeda dengan daerah lain yang memiliki sentra batik seperti Cirebon dan Yogyakarta.

Kedua daerah tersebut sudah memiliki produksi batik massal atau skala besar, sehingga harga batik yang dijual di pasar sangat variatif. Harga batik yang ada dapat dijangkau semua kalangan, baik kalangan bawah hingga atas, karena variasi barang dan haraga yang ada. Batik Cimahi yang harganya murah pun memang sudah ada, namun kualitas barangnya kurang bagus. Perlu ada inovasi dari para perajin batik untuk lebih meningkatkan produksi batik yang dapat dinikmati semua kalangan, Pemkot Cimahi pun sedang mengupayakan agar produksi batik cimahi bisa ditingkatkan.

Source http://bandung.bisnis.com/ http://bandung.bisnis.com/read/20120320/18/158927/batik-cimahi-harga-masih-menyasar-konsumen-high-end
Comments
Loading...