Batik Cilacap Sampai ke Turki

0 22

Batik Cilacap Sampai ke Turki

Upaya untuk dapat mengenalkan produk lokal khas Cilacap ke dunia internasional terus dilakukan. Seperti dilakukan oleh pengelola Batik Rajasamas Maos Cilacap yang belum lama ini diundang untuk mengikuti pameran UKM yang dilaksanakan di Turki. Batik Rajasamas Maos menjadi perwakilan produk khas Cilacap sebagai salah satu dari 20 produk UKM Indonesia yang diundang. Selain batik ada juga produk sepatu dari Bandung dan produk makanan dari Padang.

Pengelola Batik Rajasamas Maos Euis Rohaini menjelaskan kegiatan berlangsung di ibukota Turki Ankara dan satu kota besar lainnya Istanbul pada pertengahan Januari lalu. Dalam kesempatan berharga itu Euis menyampaikan presentasi mengenai produk batik karyanya sebagai langkah memperluas jaringan pemasaran batik ke benua Eropa. Sebab 20 UKM dari Indonesia ini bergabung dengan 20 produk UKM lainnya khas negara Turki.

Selain presentasi masing-masing produk UKM Euis menambahkan para peserta juga diberi waktu untuk menggelar pameran selama 10 hari di 2 kota tersebut. Euis menambahkan selain bermanfaat memperluas jaringan pemasaran batik di luar negeri upaya ini juga menjadi langkah awal pendirian Kampung Batik di Maos. Konsep Kampung Batik Maos lebih fokus pada kegiatan penelitian atau dalam istilah lain sebagai sebagai laboratorium penelitian batik tulis khas Maos. Sebab batik tulis khas Maos memiliki kekhasan tersendiri sehingga dengan adanya kegiatan penelitian diharapkan semakin menumbuhkembangkan kecintaan terhadap produk dalam negeri yang berakar pada budaya.

Source http://yesfmcilacap.com/index.html http://yesfmcilacap.com/batik_cilacap_sampai_ke_turki_berita2022.html
Comments
Loading...