Batik Cianjur Simpan Sejarah Pertanian Tanah Sunda

0 68

Batik Cianjur Simpan Sejarah Pertanian Tanah Sunda

Saat membicarakan tentang batik, maka yang kerap muncul adalah batik yag berasal dari Kota Pekalongan atau Solo. Selain kedua daerah itu sebenarnya ada jenis batik lain yang tak kalah menarik dikulik. Salah satunya Batik Cianjur, Jawa Barat. “Ketika memakai Batik Cianjur, saya menjadi bangga terhadap daerah sendiri. Karena, motif Batik Cianjur banyak maknanya. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan warisan budaya nenek moyang?” kata calon Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar (IRM). Batik Cianjur sudah ada dan dikenal masyarakat sejak sekitar tahun 1920. Batik Cianjur menyimpan cerita sejarah pertanian di Tanah Sunda. Karena itu, pada batik Cianjuran, pakem yang terkenal adalah beasan.

Motif batik yang bersumber dari inspirasi pertanian ini juga mempengaruhi pewarnaaan, sehingga warna umumnya mendekati warna tanah, daun, atau bulir padi lebih dominan. Saat ini diakui, Motif Batik Cianjur sudah cukup banyak berkembang. Contohnya Motif Padi, Kecapi Suling atau Mamaos, Motif Maen Po atau Pencak Silat, serta Motif Ayam Pelung. Semuanya bersumber dari budaya, tradisi, dan sumber daya alam yang melimpah di Cianjur dan dituangkan dalam batik. Dalam cerita tahun 1920-an, sudah mulai ada perajin batik yang berada di Kelurahan Bojongherang dan kain Poleng yang terkenal di daerah Sindanglaka, Karang Tengah.

Kemudian sudah dipatenkan juga Batik Galuh Mukti, ada juga Bren Beasan dan motif-motif lainnya. Perajin batik juga mulai banyak di beberapa kecamatan seperti Cianjur, Sukaluyu, Cugenang, dan lainnya. Semua orang harus bangga dengan Batik Cianjur. Terlebih bila ada kaum muda sekarang bisa menciptakan motif teranyar, seperti pada tahun 2013, hasil kreativitas rakyat Cianjur memunculkan Batik Gurisan dan Pangkur.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/311636-batik-cianjur-simpan-sejarah-pertanian-tanah-sunda.html
Comments
Loading...