Batik Cianjur Pun Diincar Amerika dan Jepang

0 273

Batik Cianjur Pun Diincar Amerika dan Jepang

Antusiasme masyarakat Kabupaten Cianjur terhadap pembuatan batik mulai tinggi. Demi melestarikan budaya Indonesia, masyarakat Cianjur pun berkontribusi menciptakan motif-motif batik kontemporer yang disebut Motif Cianjuran. Seperti yang dipamerkan Ratih Ardianti salah satu warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Gang Masjid Salman Alfarisi, RT 22/RW 02, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, dalam acara pameran usaha kecil menengah di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Minggu (2/6/2013). “Motif Cianjuran itu bermacam-macam. Yang jelas, setiap motif batik itu menunjukkan ciri khas dari Kabupaten Cianjur,” kata Ratih.

Batik Motif Cianjuran memang berbeda dengan motif batik yang sudah ada di Indonesia. Motif Cianjuran di antaranya Motif Kuda Kosong, Kecapi Suling, Gendang, Beas (Beras), dan Ayam Pelung. Setiap motif itu, pasti memiliki filosofi masyarakat Kabupaten Cianjur.

Misalnya Motif Batik Kuda kosong menggambarkan tunggangannya Aryawiratanudatar, seorang tokoh terkemuka di Cianjur yang memperjuangkan kemerdekaan Cianjur, dan Motif Batik Cianjur adalah motif beasan mengingat Cianjur merupakan produsen beras pandan wangi. Batik Cianjuran belum setenar Batik dari daerah Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Sebab, Batik Cianjuran masih tergolong baru di dunia batik. Setiap pembeli harus merogoh kocek sekitar Rp 150.000 untuk membeli satu meter bahan batik.

Batik dari Cianjur memang masih tradisional, belum menggunakan printing. Warnanya juga masih menggunakan bahan alami. Selain itu, kami lebih mengutamakan kualitas sehingga pemakainya merasa nyaman ketika memakainya. Menurut Ratih, adanya peraturan dari pemerintah itu bisa dijadikan peluang usaha bagi pegiat batik di Kabupaten Cianjur, terutama yang ingin mengembangkan usaha batik di Cianjur. Ratih pun optimistis Batik Cianjuran mampu menembus pasar internasional seperti batik dari daerah lainnya di Indonesia. Kini Batik Motif Cianjuran itu mulai diincar Amerika Serikat, Jepang, dan Dubai (Uni Emirat Arab) meski masih tergolong baru.

Source Batik Cianjur Pun Diincar Amerika dan Jepang Batik
Comments
Loading...