Batik Cianjur Motif Beasan

0 371

Batik Cianjur

Kabupaten Cianjur berada di Propinsi Jawa Barat. Kabupaten Cianjur juga terkenal dengan beras pandan wanginya. Selain itu, disana juga dikembangkan kain tradisional berupa kain batik yang memiliki motif khas Kabupaten Cianjur.

Perajin batik di Cianjur banyak yang terinspirasi dari keindahan alam Cianjur dalam pembuatan motif Batik Cianjur. Karena kehidupan yang agraris, motif batiknya lebih banyak menggambarkan hasil pertanian. Motif dan warna-warna kainnya tidak jauh dari tumbuhan yang hidup di sekitar Cianjur. Umumnya mendekati warna tanah, daun atau bulir padi. Ada juga motif batik yang terinspirasi dari budaya dan keseharian masyarakat Cianjur.

Motif Batik Beasan

Motif Batik Cianjur yaitu Motif Beasan, Motif Kacapi Suling, Maenpo, dan Hayam Pelung, dan lain sebagainya. Batik Cianjur motif beasan, diambil dari ciri khas Cianjur sebagai daerah penghasil beras berkualitas. Beas, yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan beras adalah buah padi yang diproses, hingga saat ini belum ada jenis padi varietas Jawu Dwipa (Pandanwangi) yang menyamai dan menghasilkan kualitas beras Cianjur yang terkenal. Batik ini memiliki ciri-ciri berupa motifnya merupakan kumpulan akar pohon, batang pohon, daun, pucuk bunga, bunga dan buah padi.

Motif ini biasanya juga dipadukan dengan unsur budaya, kesenian, alam dan lingkungan keberadaannya (hamparan sawah, sungai, air, pohon-pohonan, bukit, gunung, dan awan). Arah motif beasan yaitu arah simetris, asimetris, vertikal, dan horizontal. Terdapat tambahan atau saweran berbentuk satuan pulir atau biji padi, gabah, dan bunga padi. Batik Beasan sudah dipatenkan sejak 2 Oktober 2009.

Source Batik Cianjur Motif Beasan Batik Cianjur
Comments
Loading...