Batik Cianjur Buka Peluang Di MEA

0 32

Batik Cianjur Buka Peluang Di MEA

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sangat disambut antusias bagi perajin batik Cianjur. Di balik banyaknya pelaku usaha yang khawatir, para perajin batik justru melihat MEA sebagai peluang memperluas pasar. Sejumlah negara tetangga telah menjadi incaran tujuan ekspor. Ahmad Fikri, pelaku batik Cianjur mengaku optimis dengan dibukanya pasar bebas ASEAN. Menurutnya MEA dapat mempermudah peluang ekspor produk yang selama ini terhambat berbagai prosedur. “Kalau kemarin kan harus mengurus izin atau punya perusahaan, PT, untuk bisa ekspor ke luar negeri. Tapi dengan dibukanya MEA, menurut saya ini peluang yang harus dimaksimalkan. Tidak ada lagi aturan mengikat untuk memperluas pasar ke level Asia,” kata Fikri.

Fikri merupakan pengrajin Batik Cianjur dengan label Cipandawa. Sejauh ini Batik Cianjur sukses menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Meski tidak sepopuler batik Pekalongan atau Cirebonan, namun batik Cianjur telah menguasai pasar daerah. Dengan modal tersebut, Fikri meyakini batik Cianjur dapat membuka pasar di luar negeri. Dalam setahun ini Batik Cianjur sudah masuk di Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia. Kami mengirim 500 potong, hasilnya seperti apa? Tanggapan pasar di sana baik dan positif. Maka itu saya yakin Batik Cianjur, terutama bagi pengrajin kecil ini, pasar Asia menjadi peluang. Karena kan sudah ada kemudahan. Alasan diterimanya Batik Cianjur di pasar Asean, karena motifnya yang berbeda. Batik Cianjur memiliki Motif Beasan, Hayam Pelung, Pandan Wangi dan motif lainnya. Keunikan batik ini yang nantinya menjadi kekuatan.

Namun demikian, untuk menjaga keunikan tersebut para pengrajin jangan sampai meninggalkan keaslian batik.  Batik Cianjur sudah dilirik oleh Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) sebagai nasional. Hal itu menjadi bekal kepercayaan batik Cianjur di level lebih tinggi. Menyikapi akan diberlakukannya MEA, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan daya saing. Salah satunya dengan menggenjot instansi terkait dibidang perekonomian untuk peningkatan kualitas produk.

Source http://www.pikiran-rakyat.com/ http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2015/12/11/353325/batik-cianjur-buka-peluang-di-mea
Comments
Loading...