Batik Cianjur Bisa Mahal Harganya

0 43

Batik Cianjur Bisa Mahal Harganya

Batik Cianjur saat ini telah dipatenkan dan menjadi ciri khas yaitu memiliki pakem Motif Beasan. Tampil baru beberapa tahun belakangan ini, namun sudah cukup dikenal ke beberapa daerah di luar Cianjur. Bahkan siswa-siswi dari salah satu SLTA di Jakarta pernah berkunjung dan belajar tentang bagaimana cara membatik. Batik khas Cianjur belum setenar dari daerah lain namun diharapkan bisa bersaing dengan daerah lain yang terlebih dahulu dikenal.

Tentang harga memang produsen belum bisa menawarkan tinggi. “Batik itu bisa mahal karena filosofinya dan ceritanya. Kenapa Batik Sido Mukti sangat mahal? Karena ada cerita dan filosofi dari motif batik itu. Itulah yang membuatnya menjadi batik berkelas sehingga harganya mahal.” Demikian yang dikatakan oleh Harry M Sastrakusumah, selaku Ketua Lembaga Pengkajian Pengembangan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (LP3EM) Kabupaten Cianjur.

Selain itu kualitas batik juga harus diperhatikan. Dengan meningkatnya kualitas, maka secara langsung maupun tidak, ke depan ekspansi batik produksi dari luar daerah bisa semakin ditekan. Masyarakat Cianjur juga akan bangga dengan produksi batik sendiri. Harry menilai tidak sedikit di antara perajin di Cianjur terkesan masih prematur. Saat ini masih ada perajin yang relatif baru bisa, tapi kemudian sudah berani memproduksi besar-besaran tanpa memperhatikan kualitas produk.

Ini tentunya akan jadi permasalahan karena lambat-laun konsumen tidak akan percaya dengan kualitas batik dari Cianjur. Batik khas Cianjur bisa bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia. Setiap batik yang diproduksi di Cianjur, harus menampilkan pakem beasan karena merupakan ciri khas Batik Cianjur.

Source http://www.pasundanradio.com/ http://www.pasundanradio.com/2014/12/batik-cianjur-bisa-mahal-harganya.html
Comments
Loading...