Batik Ciamisan Identik Kebersahajaan Masyarakat Ciamis

0 103

Identik Kebersahajaan Masyarakat Ciamis

Corak yang terdapat di Batik Ciamisan yang tidak terlalu ramai dan rumit, membuat produk warisan dari para perajin batik dari Ciamis ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan batik dari daerah lain. Motif Batik Ciamis yang sering disebut Ciamisan ini juga memiliki karakter sederhana.

Kebersahajaan merupakan ciri khas Batik Ciamis yang identik dengan karakter masyarakat Ciamis secara umum. Warna hitam, putih, dipadu coklat kekuningan menjadi karakter warna yang menonjol pada Motif Batik Ciamis. Ragam hias batik Ciamisan bernuansa naturalistik, yakni banyak menggambarkan flora dan fauna, serta lingkungan alam sekitar.

Kesederhanaan dari corak Batik Ciamis tidak lepas dari sejarah keberadaannya yang banyak dipengaruhi daerah lain seperti ragam hias pesisiran dari Indramayau dan Cirebon. Selain itu, pengaruh batik non pesisiran, seperti dari Solo dan Yogyakarta juga turut andil dalam membentuk karakter warna dan komposisi batik Ciamisan yang sering disebut sebagai Batik Sarian.

Bagi masyarakat Ciamis, berbagai pengaruh yang datang justru menambah dan memperkaya khasanah motif batik yang kemudian diolah sesuai dengan gaya dan selera masyarakat Ciamis.

Pengaruh dari daerah tetangga yang berbatasan langung dengan Ciamis, yakni Tasikmalaya dan Garut, turut memberi pengaruh pada perkembangan ragam hias batik di Ciamis. Sehingga dalam beberapa hal, Batik Ciamis memiliki persamaan, baik dalam warna dan motif dengan Batik Tasikmalaya.

Source Batik Ciamisan Identik Kebersahajaan Masyarakat Ciamis Batik
Comments
Loading...