infobatik.id

Batik Ciamis Motif Ciung Wanara

0 12

Batik Ciamis Motif Ciung Wanara

Batik Ciamis berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Corak Batik Ciamis tidak telalu ramai dan rumit. Motif batik Ciamis yang sering disebut Ciamisan, memiliki karakter sederhana. Ragam hias batik Ciamisan bernuansa naturalistik, banyak menggambarkan flora dan fauna serta lingkungan alam sekitar. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Ciung Wanara.

Motif Ciung Wanara merupakan apresiasi dari legenda kebesaran Ciung Wanara (Manarah), Raja Galuh Karangkamulyaan. Berikut ini kisah tentang Ciung Wanara. Ciung Wanara (Manarah) adalah keturunan raja. Ketika bayi, ia dihanyutkan ke Sungai Citanduy namun diselamatkan seorang petapa.

Alkisah, setelah dewasa, Ciung Wanara pun kembali ke pusat Kerajaan Galuh di Karangkamulyaan sambil membawa ayam aduan. Manarah kembali ke tampuk kekuasaan Kerajaan Galuh setelah ayamnya menang di medan aduan. Itulah sebabnya motif batik Ciamisan Ciung Wanara ini digambarkan dengan sayap dan ekor ayam jago, keranjang tempat mengangkut ayam, dan kurungan ayam aduan. Motif Ciung Wanara ini termasuk motif favorit konsumen.

Source http://ejurnalpatanjala.kemdikbud.go.id/patanjala/index.php/patanjala/article/viewFile/158/110
Comments
Loading...